Porsche Mulai Tawarkan Cayenne Plug-in Hybrid Share this
Mobil Baru
Mode baca

Porsche Mulai Tawarkan Cayenne Plug-in Hybrid

Denny Basudewa
pada 03 Mei 2018

Foto: Porsche Cayenne Plug-in Hybrid

STUTTGART – Porsche semakin menancapkan taringnya dalam memasarkan mobil ramah lingkungan.

Porsche Cayenne E-Hybrid ditawarkan sebagai kendaraan dengan tingkat efisiensi maksimum. Tidak hanya hemat dalam penggunaan bahan bakar, namun mobil SUV mewah tersebut juga memiliki tenaga yang mengagumkan.

Porsche Cayenne E-Hybrid membopong mesin konvensional 3.0-liter V6 dengan semburan daya maksimal 340 hp. Sementara motor listriknya dapat menghasilkan tenaga sebesar 136 hp. Sehingga secara total mobil tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 462 hp dan torsi 700 Nm.

Dikatakan bahwa akselerasi Porsche Cayenne E-Hybrid 0 – 100 km/jam hanya 5 detik, setara dengan 918 Spyder. SUV mewah tersebut dapat dipacu hingga kecepatan maksimum 253 km/jam.

Porsche Cayenne E-Hybrid dapat menempuh jarak 441 kilometer dengan kecepatan 135 km/jam, hanya mengandalkan motor listriknya yang terisi penuh. Sementara untuk mengisi baterai, mobil ini membutuhkan waktu 7,8 jam dengan menggunakan daya listrik 3,6 kW dan 230 volt sepuluh amp. Sedangkan waktu pengisian dapat lebih singkat menjadi 2,3 jam menggunakan daya 7,2 kW 230 volt 32 amp.

Motor listrik sendiri berada di bagian bawah kendaraan yang terdiri dari 13 sel ion litium prisma. Kapasitas baterai mobil ini meningkat 30 persen menjadi 14,1 kWh dari sebelumnya 10,8 kWh.

Porsche Cayenne Plug-in Hybrid Porsche Cayenne Plug-in Hybrid

Porsche telah mendesain ulang drive train Cayenne E-Hybrid. Modul hibridanya terdiri dari kombinasi mesin elektrik yang sangat terintegrasi dan kopling terpisah. Berbeda dengan sistem elektro-hidraulik sebelumnya dengan spindle actuator, kopling pemisah dioperasikan secara elektromekanik, untuk memastikan waktu reaksi yang lebih cepat.

Transmisi Tiptronic S baru pada Porsche Cayenne E-Hybrid, dikembangkan untuk seluruh tipe Cayenne dengan delapan percepatan. Gearbox otomatis tidak hanya menawarkan akselerasi yang lebih nyaman dan lebih mulus, tetapi juga secara signifikan mempercepat perpindahan. Gangguan gaya traksi selama proses switching juga telah lebih berkurang.

Dari segi kenyamanan, Porsche menawarkan opsi tambahan seperti head-up display baru, kursi pijat dan velg berbahan logam ringan berukuran 22”. Porsche Cayenne E-Hybrid dibandrol dengan harga Rp 1,1 miliar, belum termasuk biaya pengiriman dan handling sebesar Rp 14 jutaan. [Dew/Ari]


Komentar