Polda Metro Jaya akan Sajikan Konten Kekinian di Millenial Road Safety 2019 Share this

Polda Metro Jaya akan Sajikan Konten Kekinian di Millenial Road Safety 2019

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 01 Maret 2019

JAKARTA - Millenial Road Safety Festival 2019 merupakan upaya pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menekan angka kecelakaan lalu lintas, khususnya usia milenial (17-35 tahun) sebagai penyumbang korban tertinggi.

Acara yang berlangsung massal di 34 provinsi ini juga menjadi agenda Polda Metro Jaya. Sesuai pula dengan nama acara, kemasannya pun dibuat semenarik mungkin demi menyentuh kesenangan dari kaum milenial tersebut. 

"Sejak 20 Januari 2019, kami juga sudah menjalankan kampanye keselamatan ini. Programnya untuk segmen milenial. Pada dasarnya tetap ada edukasi, tapi dibuat lebih santai dan bahkan kekinian," kata Kompol Arif Fazrulrrahman, Kasi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya yang bertugas sebagai Ketua Pelaksana, Jum'at (1/3).

Kali itu, Yusuf, S.I.K., M.Hum (Dirlantas Polda Metro Jaya) tampil a la milenial dengan kostum mentereng. Ditambah lagi hadirnya public figure seperti Boy William dan Hesti Purwadinata selaku MC, musisi Fajar Alexa hingga Rifat Sungkar. Wajar jika sekitar 20 ribu orang ikut memeriahkan acara tersebut.  

Tak berhenti di situ, Polda Metro Jaya juga membuatnya secara kontinyu. Termasuk dua agenda yang akan berlangsung pada 3 Maret 2019 dan 23 Maret 2019. Namun, acara ini ditujukan bagi komunitas otomotif. 

"Di 3 Maret akan ada kegiatan drifting di lapangan Polda Metro Jaya. Di sini kami menyediakan tempat untuk komunitas drifting berlatih. Sekaligus juga arena belajar bagi anggota (polisi) yang lain karena biasanya teknik ini hanya dipelajari oleh protokoler khusus. Sedangkan 23 Maret akan ada riding lintas milenial. Nanti, kami mengajak lebih dari 20 klub motor. Lokasinya di Pintu X Taman Parkir Timur Senayan," terang Arif.

Sama seperti kegiatan sebelumnya, kedua acara itu pun akan diramaikan para artis dan hiburan-hiburan lain. Arif juga menambahkan, pihaknya juga memperkaya konten acara hingga dilangsungkannya acara puncak Millenial Road Safety Festival 2019. Mulai dari lomba road safety creative design, mural, video dan jingle Millenial Road Safety, fotografi, blogger hingga vloger. 

"Pemenangnya akan diumumkan nanti di puncak Millenial Road Safety Festival 2019 di Monas, 31 Maret 2019. Selain itu, kami juga melakukan ensorsement terhadap public figure untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara," ujar Arif.

Di balik semua konten tersebut, tujuan sebenarnya dari Polda Metro Jaya adalah meningkatkan keselamatan berkendara. Apalagi, dalam 5 tahun terakhir angka kecelakaan di wilayah Polda Metro Jaya terus meningkat. Tahun lalu saja (2018), korban laka lantas yang melibatkan usia milenial mencapai 17.910 orang. 

"Kegiatan ini muaranya road safety. Tujuannya adalah menciptakan keselamatan di jalan. Dalam kegiatan ini kami menggunakan dua metode, pertama adalah edukasi dan entertainment. Kedua, encouragement untuk meningkatkan motivasi dari diri mereka untuk sadar dengan keselamatan berlalu lintas. Makanya, kenapa ada lomba-lomba seperti ini agar sesuai dengan hobinya," tutup Kompol M.Fahri Siregar, SH., SIK., M.H. selaku Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya. [Ary/Idr] 


Komentar