Pick up Pertama Mercedes-Benz Menampakkan Diri Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Pick up Pertama Mercedes-Benz Menampakkan Diri

Denny Basudewa
pada 26 Oktober 2016

Foto: Mercedes-Benz X- Class

STOCKHOLM – Mercedes-Benz akhirnya membuka selubung calon pick up andalan mereka di masa depan. Kendaraan itu dinamai X-Class Concept, didasari platform Nissan Navara NP-300 dengan menampilkan desain yang kokok.

Kendaraan ini hasil kerjasama antara Daimer dengan aliansi Renault-Nissan sebagai bentuk efisiensi, namun saling menguntungkan kedua pihak. Nissan dinilai sudah berpengalaman dalam memasarkan kendaraan berjenis double cabin (sebutan di Indonesia), sementara Mercedes-Benz unggul dari segi teknologi.

Oleh Mercedes-Benz diklaim sebagai perpaduan kendaraan offroad dan onroad yang mampu menampung lima-penumpang dan memiliki kapasitas bak cukup luas.

Dalam keterangan resmi, kendaraan ini mudah beradaptasi dengan setiap kondisi jalanan berkat coil-spring suspension. Konsumen juga dapat memilih mode penggerak roda belakang maupun 4X4. Kemampuan mendaki jalanan berbatu khas offroad semakin mudah bagi X-Class karena menggunakan low range transfer case dan locking diferential.

Urusan mesin, Mercedes-Benz hanya membocorkan varian tertinggi mereka yang menggunakan dapur pacu diesel V6 dengan sistem 4Matic permanen all-wheel-drive. Guna mendukung kemampuan, Mercedes-Benz menyematkan perangkat electronic traction system, transfer case with reduction gear, ditambah lagi dua diferential locks.

Dibangun dengan chassis ladder frame, Mercedes-Benz X-Class mampu dibebani muatan hingga 1,1 ton dan mengangkut bobot (towing) hingga 3,5 ton.

Kendaraan ini akan diproduksi pabrik Nissan di Barcelona. Dari pabrik tersebut, X-Class akan dipasarkan ke Eropa, Australia dan Afrika Selatan pada akhir 2017. [Dew/Ikh]


Komentar