Pertamina Targetkan Digitalisasi SPBU Rampung Pertengahan 2020 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pertamina Targetkan Digitalisasi SPBU Rampung Pertengahan 2020

Ahmad  Richad
pada 26 Maret 2020

JAKARTA — PT Pertamina (Persero) terus mengejar penuntasan digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia dan dan ditargetkan tuntas pada pertengahan tahun 2020 ini. 

Saat ini, dari total 5.518 SPBU yang telah memasuki tahapan Civil Work sudah mencapai 98 persen, sementara untuk pemasangan instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) sebanyak 77 persen dan IT mencapai 72 persen.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Masúd Khamid mengatakan, program digitalisasi SPBU merupakan upaya Pertamina untuk meningkatkan layanan kepada konsumen dengan memantau ketersediaan, penjualan BBM dan transaksi di SPBU dengan data yang real time.

“Dengan sistem digital, seluruh proses penyediaan BBM di SPBU terpantau dengan baik oleh sejumlah pihak berwenang seperti Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas sehingga lebih mudah dalam pengawasan penyaluran BBM, termasuk yang BBM bersubsidi Biosolar (B30) dan Premium,” tambah Masúd.

Lebih lanjut Masúd menjelaskan, dalam menjawab tantangan di era digital, Pertamina telah melakukan digitalisasi di seluruh lini bisnis, dari hulu hingga hilir. Melalui digitalisasi SPBU, Pertamina akan memastikan layanan kepada pelanggan lebih aman, mudah dan cepat.

Selain mengenjot penyelesaikan digitalisasi SPBU, Pertamina juga terus memperluas jangkauan penjualannya dengan membangun mini outlet atau Pertashop.

Nantinya Pertashop ini akan dibangun untuk 3827 kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur BBM dan LPG di seluruh Indonesia. Pertamina menjamin produk dan harga jual Pertashop akan sama kualitasnya dengan SPBU. [Ric/Idr]


Komentar