Pertamina Amankan Pasokan BBM Selama One Way Jalur Mudik Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pertamina Amankan Pasokan BBM Selama One Way Jalur Mudik

Ary Dwinoviansyah
pada 31 Mei 2019

CIKAMPEK — PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) miliknya akan aman selama pemberlakukan One Way jalur mudik. 

Uji coba sekaligus pemberlakuan one way sudah berlaku di tol Cikampek di KM 70 sampai dengan Brebes di KM 263. Keadaan ini nyata pun sudah diantisipasi Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III. 

Sebelumnya, mereka juga telah menambah pasokan gasoline seiring peningkatan kebutuhan akan produk gasoline yang naik 10% selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Khusus untuk one way jalur mudik, sejumlah outlet BBM seperti Kios Pertamina Siaga, SPBU Modular dan Mobile Storage telah berada di sejumlah titik.

"Pertamina MOR III telah menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk penyediaan BBM di lajur kiri maupun kanan, untuk memudahkan pemudik," ujar Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III. 

Kios Kemasan Pertamina Siaga berada di 8 titik yakni :
1. Jalur kiri : Rest Area KM 86A, KM 102 A, KM 130A dan KM 207
2. Jalur Kanan : Parking Bay KM 71 B, Rest Area KM 86 B, km 130B dan KM 208B.

Di Kios Kemasan Pertamina Siaga tersebut juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga.

SPBU Modular yakni SPBU Mini portabel yang disiagakan di ruas berikut:
1. Jalur Kiri : Rest Area KM 86A, KM 130A dan KM 207A.
2. Jalur kanan : Rest Area KM 86B, KM 130B. 

Mobile Storage atau SPBU kantong berupa mobil tangki pengangkut BBM yang disiagakan langsung di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Untuk tol Cipali, akan ada disiagakan 7 Mobile Storage di SPBU yang berada di jalur tersebut untuk mengamankan suplai BBM. 

Sementara untuk mengantisipasi kelancaran pasokan BBM apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat One Way diberlakukan, Pertamina berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat yang akan mengawal mobil tangki BBM masuk melalui pintu keluar serta penggunaan jalur contraflow.

Dewi menghimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (fulltank) kendaraannya sejak berangkat. Apabila menemukan SPBU, pemudik juga bisa memenuhi lagi tangki BBM-nya. 

"Tidak perlu menunggu setengah kosong, jika ada SPBU kami berharap masyarakat langsung mengisi kembali tangki BBMnya supaya pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan," tambah Dewi.

Selain itu, Pertamina MOR III juga menyediakan tempat peristirahatan yang dinamai Rumah Pertamina Siaga (RPS). Tempat yang bisa ditemui di Rest Area KM 102 A dan Rest Area KM 228 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti alat pijat, tempat shalat, taman bermain anak, ruang menyusui hingga tempat pengisian baterai (charging station). [Ary/Idr]


Komentar