Tips Safety Riding dari PMI Share this
Tips
Mode baca

Tips Safety Riding dari PMI

Ahmad  Richad
pada 24 Maret 2020

JAKARTA —  Di tengah pesatnya laju pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalulintas masih tinggi.

Oleh sebab itu Palang Merah Indonesia (PMI) mengajak kita semua untuk peduli mengenai pentingnya #SafetyRoad secara cerdas dan santun di jalan, agar dapat menyelamatkan dari diri sendiri maupun orang lain.

Berikut ini tips safety driving atau riding yang perlu diperhatikan oleh setiap pengemudi kendaraan bermotor:

  1. Cek kondisi lampu. Pertama periksa sistem penerangan baik itu lampu utama, rem dan sein, pastikan semuanya dapat berfungsi baik. 
  2. Sistem pengereman. Periksa kondisi kampas rem, minyak rem dan caliper dan pastikan semua dalam kondisi baik agar riding lebih aman.
  3. Gunakan helm. Jika berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya gunakan helm berstandar SNI dan jangan lupa kunci pengikatnya. 
  4. Jaket. Pakailah jaket yang berwarna terang, karena warna yang cerah dapat memudah para pengendara lain untuk melihat kita, terutama jika berkendara dalam keadaan cuaca hujan atau malam hari. 
  5. Sepatu. Kenakan sepatu, jangan sandal. Sepatu berfungsi untuk mengurangi risiko kaki lecet saat jatuh dari motor dan juga dapat membuat kaki lebih nyaman. 
  6. Sabuk Keselamtan. Jika Anfa berkendara menggunakan mobil, maka gunakanlah sabuk keselamatan dengan cara duduk rapat, tarik sabuknya, kunci dan kencangkan.
  7. Perhatikan spion. Sesuaikan arah pandang semua kaca spion. Pastikan Anda dapat melihat semua objek dengan sudut yang tepat pada spion. 
  8. Patuhi rambu lalulintas. Ikuti petunjuk tanda lalu lintas tentang kecepatan, terutama di jalan tol bebas hambatan, namun jika kamu berada di jalanan perkotaan maka Jalankan kendaraan sewajarnya. dan lambatkan ketika akan melewati zebra cross, sekolah, pasar atau tempat-tempat keramaian.
  9. Fokus dalam berkendara. Jangan menggunakan handphone, apalagi mengetik pesan singkat saat berkendara. Hal ini penting untuk menjaga konsentrasi kamu dalam berkendara. Ingat, Kecelakaan dapat terjadi akibat kurangnya konsentrasi dan kelalaian pada saat berkendara. Oleh karena itu, utamakanlah keselamatan di jalan raya #SafetyRoad. [Ric/Idr]

Komentar