Pendiri Bentley Bukan Orang Paling Berprestasi di Sekolah Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pendiri Bentley Bukan Orang Paling Berprestasi di Sekolah

Denny Basudewa
pada 14 Maret 2019

Foto: Bentley

CREWE – Bentley merayakan hari jadinya yang keseratus tahun (1 abad) sebagai pabrikan mobil, kereta dan pesawat mewah.

Bentley lahir untuk pertama kalinya pada 1888 berkat racikan tangan dingin Walter Owen Bentley (WO Bentley) di London, Inggris. Saat itu, kendaraan yang masih populer digunakan adalah kuda dan kereta secara umum.

WO Bentley tumbuh di keluarga yang cukup sibuk. Ia diketahui tidak terlalu berprestasi di sekolahnya. Sebagai calon sarjana muda saat itu, dirinya tidak menuntaskan pendidikannya, namun justru mendaftar untuk magang di perusahaan kereta api. Kemudian WO bergabung dengan angkatan bersenjata Inggris, lalu terlibat dalam merancang mesin rotari BR1 dan BR2 yang disegani dan kerap digunakan pesawat militer.

Usai berpetualang, WO menciptakan keistimewaan dengan menciptakan mobil buatan Inggris yang sangat kental aura kemewahan. Pada 1919, Bentley menapaki jalan kesuksesan sebagai pabrikan mobil mewah paling dicari di seluruh dunia.

WO yang terobsesi dengan mesin uap, membuat ayahnya harus membayar uang sebesar Rp 1.4 juta, sebagai Apprentice Premium di Doncaster, Inggris dan belajar lebih jauh tentang mesin uap.

“Bagian bawah mobil yang telah dikendarai sejauh beberapa ribu mil sama higienisnya dengan ruang operasi. Hal ini berbanding terbalik dengan lokomotif yang sedang diperbaiki,” kenang WO sambil menjelaskan mesin uap yang Ia cintai.

Seiring dengan perkembangan jaman, WO memutuskan untuk membuat transportasi model baru. Hal ini dilakukan karena Ia menganggap bahwa mesin pembakaran internal lebih cepat daripada mengandalkan uap.

Lalu pria asal Inggris tersebut berhasil membuat piston yang diklaim memiliki bobot lebih ringan. WO membuat piston itu dengan mengandalkan material alumunium dan tembaga. Hasilnya dia menciptakan alat perang yang digunakan Royal Naval Air Service (RNAS) pada perang dunia pertama.

Puas di dunia pesawat, WO memulai langkahnya di dunia otomotif usai perang. Impian WO untuk menciptakan sebuah mobil yang cepat, bagus desainnya dan terbaik di kelasnya mulai menemui titik terang. [Dew/Idr]


Komentar