Pembalap Indonesia Dominasi Podium AP250 Australia Share this
Balap Lain
Mode baca

Pembalap Indonesia Dominasi Podium AP250 Australia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 21 April 2018

ADELAIDE - Tiga pembalap Indonesia yaitu Rheza Danica, Mario Suryo Aji dan Muhammad Fadly berhasil menguasai podium setelah bersaing di Asia Road Racing Championship (ARRC) Australia yang berlangsung di Bend Motorsport, Adelaide, Sabtu (21/4/2018).

Pembalap dan tim ARRC 2018 menghadapi tantangan baru di musim ini. Selain pertama kalinya singgah ke negeri Kanguru, sirkuit Bend Motorsport juga menjadi arena baru bagi semua peserta di kelas AP250.

Namun, pembalap Indonesia bisa menunjukkan taringnya sejak latihan bebas hingga kualifikasi. Bahkan, Rheza Danica dari Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil menempati pole position setelah meraih lap time 2 menit 08,039 detik.

Akan tetapi, Rheza bukan lah satu-satunya rider yang menorehkan catatan 2 menit 8 detikan. Pasalnya, Mario dan Fadly juga membuat pencapaian serupa.

Terbukti, ketiga pembalap Merah Putih ini bisa bersaing di baris depan. Di awal race, Mario berhasil menungguli seniornya Rheza untuk memimpin balapan. Namun, Rheza berhasil menguntit Mario dan mampu mengunggulinya di pertengahan balapan. Kedua pembalap AHRT ini juga mampu memberikan gap cukup jauh dengan pembalap di belakangnya.

Di sana, Awhin Sanjaya, Fadly dan Anupab Sarmoon tengah bersaing memperebutkan posisi ketiga. Mereka juga beberapa kali berganti posisi hingga lap terakhir. Sementara di depan, Rheza mampu finish pertama, disusul Mario pada urutan kedua.

"Sejak  awal saya coba fokus untuk menjaga irama dan tidak tergesa-gesa. Saya coba konsisten dalam penentuan line dan in - out nya di tikungan, serta fokus untuk tidak membuat kesalahan. Ini podium yang sangat berarti buat saya dan AHRT. Setelah ini, konsentrasi saya tinggal dicurahkan untuk berusaha agar podium 1 tetap menjadi milik saya besok di race 2," ujar Rheza.

Sedangkan podium ketiga akhirnya dihuni Fadly. Sayang, Awhin yang sebenarnya berpeluang membawa Honda CBR250RR menyapu bersih podium gagal finish karena terjatuh di tikungan terakhir.

Bagi Rheza ini adalah kemenangan pertamanya di musim ini. Podium ini menjadi sangat penting bagi Fadly. Pasalnya, ini adalah pertama kalinya dia membawa new Kawasaki Ninja 250 naik podium. [Ary/Ari]


Komentar