Pelumas Federal Lubricants Segera Berstandar Global Share this
Berita Motor
Mode baca

Pelumas Federal Lubricants Segera Berstandar Global

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 29 Mei 2019

JAKARTA — Di masa depan, produk pelumas milik Federal Lubricants akan memiliki standar global karena mengikuti spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh ExxonMobil. 

Akuisisi terhadap Federal Lubricants tak hanya memberi keuntungan bagi ExxonMobil, melainkan pula kepada PT Federal Karyatama. Salah satunya adalah akan adanya pengembangan produk Federal Lubricants yang saat ini sudah beredar di pasar Tanah Air.

Hal ini menjadi titik terang dari ambisi Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama untuk menjadikannya berplatform global. Pernyataan tersebut kemudian diperkuat oleh Ivan Ally selaku Head of Corporate Comunication PT Federal Karyatama. 

"Sekarang ini pun produk-produk Federal Lubricants sedang diuji ulang oleh pihak ExxonMobil di Singapura. Tujuannya adalah untuk melihat seperti apa spesifikasi kami sekarang ini. Pada akhirnya nanti, baik Federal Oil (Pelumas mesin sepedamotor) dan Federal Mobil (Pelumas mesin mobil) akan mengikuti standarisasi ExxonMobil," kata Ivan di Jakarta Selatan, kemarin (28/5). 

Menurut Ivan standarisasi itu meliputi kandungan seperti aditif dan lain-lain. Dia menyebut ini jelas menjadi hal positif karena ExxonMobil sendiri sudah berpengalaman di tingkat global. Saat ditanya mengenai kapan produk pelumas Federal Lubricants dengan sentuhan a la ExxonMobil ini hadir, Ivan belum mau mengungkapnya secara spesifik. Tapi, dia memberi sedikit bocoran kalau waktunya tidak akan lama. 

Di sisi lain, Ivan menyatakan pelumas ExxonMobil untuk sepedamotor bakal bersaing di pasar Tanah Air. Tak hanya dari spesifikasi, tapi juga mengenai harga jualnya. 

"Pasti harganya akan kompetitif karena olinya kan diproduksi di sini (PT Federal Karyatama), base oil-nya punya sendiri dan begitu juga dengan aditif," lanjut Ivan. 

Soal pemasarannya, Ivan juga cukup yakin ExxonMobil akan bisa jalan beriringan dengan Federal Lubricants. Meskipun, Ivan tak menutup mata bahwa proses integrasi antara kedua brand akan berdampak pada dihilangkannya salah satu produk Federal Oil agar bisa berbagi 'kue' dengan ExxonMobil.

Namun, Ivan menyebut akan ada warna baru di jaringan penjualan Federal Oil di seluruh Indonesia. Sebagai contoh, Federal Oil Center (FOC) tak hanya akan menjual oil Federal Oil saja, tapi juga akan ada pelumas ExxonMobil di sana. 

"Seperti sudah disebutkan bapak Patrick sebelumnya, bahwa alasan ExxonMobil mengakuisisi adalah karena Federal Lubricants punya jaringan yang sangat luas. Jadi, untuk pemasaran ExxoMobil akan mengandalkan aset milik Federal Lubricants di mana mereka membeli 3 hal yaitu brand, jaringan distribusi dan people," tutup Ivan. [Ary/Idr]   


Komentar