Peluang Tim Rossi Jadi Satelit Yamaha di MotoGP Share this
MotoGP
Mode baca

Peluang Tim Rossi Jadi Satelit Yamaha di MotoGP

Denny Basudewa
pada 27 Februari 2018

Foto: Tim Tech3 Yamaha di sirkuit Buriram

LONDON – Tech3 yang telah menjadi tim satelit Yamaha selama bertahun-tahun memutuskan untuk berpisah, efektif sejak akhir musim 2018.

Kepergian Tech3 sebagai tim satelit Yamaha, membuat tim lain melihatnya sebagai peluang. Dua tim satelit Ducati yakni Aspar (sekarang: Angel Nieto) dan Avintia dikabarkan berminat untuk menjadi pengganti Tech3 di MotoGP 2019.

Kepada Motorsport.com, Kedua tim satelit Ducati tersebut mengisyaratkan untuk meminang Yamaha YZR-M1. Baik Aspar maupun Avintia merasa mesin lawas Yamaha lebih baik daripada Ducati.

Tidak hanya duo Ducati, tim satelit Honda yakni Marc VDS juga dikabarkan tertarik untuk menggunakan motor berlambang Garpu Tala. Tim satu ini disebut-sebut tidak puas karena Jack Miller akhirnya pindah ke Ducati.

Namun juru bicara Marc VDS mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari kontrak jangka panjang. Hal ini membuat kondisi tim dengan prinsipal Honda sudah kurang harmonis lagi.

Satu lagi peluang yang akan menjadi tim satelit Yamaha adalah tim VR46. Meskipun peluangnya kecil, namun bisa saja hal tersebut terjadi. Mungkin saja di masa depan, Valentino Rossi akan menjadi bos tim, ketika sudah tidak lagi menjadi pembalap.

Rossi dikatakan tidak mungkin membuat tim dengan merek selain Yamaha. Hal ini dikarenakan hubungan Rossi dengan Ducati dan Honda kurang begitu baik di masa lalu. Terlebih kedua manufaktur tersebut telah memiliki tim satelit sendiri saat ini. [Dew/Ari]


Komentar