Peduli Covid-19, Pertamina Lubricants Bentuk Kampung Cepat Tanggap Share this
Berita Mobil
Mode baca

Peduli Covid-19, Pertamina Lubricants Bentuk Kampung Cepat Tanggap

Ahmad  Richad
pada 09 Juli 2020

Foto: Pertamina Lubricants Bentuk Kampung Tanggap Covid-19

GRESIK - Melihat kasus virus Corona yang terus bertambah setiap harinya, PT Pertamina Lubricants berinisiatif membentuk kampung tanggap Covid-19 di Kelurahan Sidokumpul Gresik, Jawa Timur.

Pembentukan kampung yang bernama Tangguh ini diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Gresik, Mohammad Qosim dan Dody Arief Aditya selaku Production Unit Manager PUG PT Pertamina Lubricants.

Dody Arief Aditya, mengatakan bahwa PT Pertamina Lubricants terus berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat yang terdampak saat pandemi Covid-19 dan Kampung Tangguh ini memiliki peran yang penting untuk mengawal masyarakat di masa sulit ini.

“Kampung Tangguh Kelurahan Sidokumpul merupakan kampung tanggap Covid-19 yang mandiri dan menyediakan Pusat Komando sebagai pusat informasi dan sistem pengamanan kampung yang efektif dan sarfas pendukung yang mencukupi dan memadai,” tambah Dody Arief Aditya.

Pertamina Lubricants

Dody menjelaskan, kampung Tanggung ini dijalankan oleh sumber daya tenaga Tim Relawan Khusus (TRK) serta didukung oleh berbagai pihak seperti Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat, guna melakukan berbagai upaya penanganan Covid-19.

Warga kampung juga diajari bagaimana cara penanganan dan evakuasi pasien, pemulangan dan pemakaman jenazah sesuai dengan protokol Covid-19, serta menyediakan layanan konseling psikologi untuk pasien PDP, ODP dan OTG. 

Tidak hanya itu, Production Unit Gresik (PUG) salah satu pabrik pelumasnya PT Pertamina Lubricants juga, menyediakan lumbung pangan dengan mengedepankan gotong royong untuk membantu warga yang melakukan isolasi mandiri. 

“Sementara bagi masyarakat wilayah Ring 1 pabrik yang terkena dampak Covid-19 seperti pemutusan hubungan kerja (PHK), PT Pertamina Lubricants akan membantu dengan membuka lapangan pekerjaan berupa kegiatan kewirausahaan, yaitu unit usaha persewaan alat pesta dan Barbershop,” ujar Dody.

Selama pandemi Covid-19, PUG telah menyalurkan berbagai bantuan seperti masker N95 sebanyak 400 pcs, bantuan logistik sebanyak 321 paket sembako, alat penyemprotan disinfektan, baju APD, tempat cuci tangan, serta ratusan liter cairan desinfektan yang diberikan ke desa Pulopancikan dan Sidokumpul. [Ric/Idr]


Komentar