Pedal Gas Bosch Bisa Peringatkan Pengemudi Nakal Share this

Pedal Gas Bosch Bisa Peringatkan Pengemudi Nakal

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 11 Februari 2016

GERLINGEN – Perkembangan teknologi telah berhasil membuat berkendara semakin aman. Salah salah satunya adalah dengan pengembangan yang dilakukan oleh Bosch.

Saat ini Bosch tengah mengembangkan model baru pedal gas dilengkapi dengan umpan balik haptic (haptic feedback). Pedal gas ini dilengkapi dengan getaran pada kaki pengendara.

Teknologi ini bekerja dengan mengirimkan sinyal getar ke kaki pengendara jika kaki pengendara terbaca sensor terlalu banyak menginjak pedal gas, di mana getaran tersebut diartikan memperingatkan jika pijakan terlalu dalam sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar minyak terlampau boros.

Fitur menarik dari Bosch di mana mengembangkan sebuah produk untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak. Memang banyak pengemudi tanpa disadari telah menghambur-hamburkan BBM.

Bahkan jauh lebih canggih lagi, Bosch merancang fitur barunya ini untuk bisa memperlambat laju kendaraan jika sopir tidak menuruti perintah (tidak efisien menekan pedal). Dijelaskan Bosch, pedal gas akan otomatis terangkat agar BBM tidak terbuang percuma.


Komentar