Pasukan AHRT Siap Curi Podium di ARRC Sepang Share this
Balap Lain
Mode baca

Pasukan AHRT Siap Curi Podium di ARRC Sepang

Ary Dwinoviansyah
pada 09 Maret 2019

JAKARTA - Para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) optimis bisa bertarung di barisan depan agar bisa mencuri podium di seri pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Sepang, Malaysia. 

Asa PT Astra Honda Motor (AHM) mengikuti balapan tertinggi di Asia ini masih tinggi. Apalagi, tahun ini mereka masih menurunkan jumlah yang sama dengan tahun lalu yaitu 5 pembalap. Hanya saja formasinya berubah di mana Rheza Danica, juara AP250 2018 kini naik ke kelas SS600 mendampingi Andi Gilang. 

Sementara itu, Irfan Ardiansyah yang sebelumnya berkompetisi di kelas 600 cc dipercaya menjadi skuad AHRT pada kategori AP250. Ia akan bertarung bersama rekan setimnya yakni Awhin Sanjaya dan Lucky Hendriansya. Semua pembalap muda ini juga sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk melakoni tes jelang seri pertama. 

Selain itu, terpilihanya Sirkuit Sepang sebagai tuan rumah memberikan keuntungan tersendiri bagi Lucky. Ia memiliki cukup pengalaman dengan lay out lintasan sewaktu berkompetisi di Asia Talent Cup 2018. Hal ini pun berdampak pada performanya ketika memacu Honda CBR250RR di mana Lucky sempat mencatatkan diri sebagai pencatat waktu tercepat (2 menit 26,283 detik) di latihan keempat.  

"Saya memiliki cukup banyak pengalaman di Sepang saat di ATC tahun lalu. Saya paham beberapa tikungan yang jadi nilai plus saya. Dengan persiapan fisik, juga kesiapan mental, saya bertekad bisa mendapat cerita manis di awal pengalaman saya di kelas AP250 ini," ujar Lucky. 

Awhin pun cukup bersaing di tes kali itu. Meski, begitu Ia harus berjuang lebih keras karena gap antar pembalap sangat tipis. Dia sadar kompetisi di AP250 tahun ini bakal sengit. Untuk itu, Awhin akan berusaha mendapatkan set up yang tepat sejak latihan bebas. 

"Supaya bisa menjadi modal bagus di balapan dan merebut podium pada putaran awal ini," sahut Awhin. 

Sedangkan dari ketegori SS600, Rheza mengaku belajar dari Andi Gilang yang notabene berbekal pengalaman lebih. Tujuannya adalah agar bisa langsung kompetitif di kelas yang baru dijajakinya itu. 

"Ini pengalaman pertama saya di Sepang dan juga pertama kalinya balap di kelas supersport di ARRC. Saya sudah pelajari berbagai informasi yang berguna bagi saya, termasuk belajar dari balapn-balapan sebelumnya, serta berdiskusi intens dengan Gilang yang sudah memiliki pengalaman. Saya akan berusaha tampil kompetitif seperti saat di kelas AP250 tahun lalu," tutup Rheza. 

Kualifikasi dan balap pertama ARRC Sepang akan diadakan pada Sabtu (9/3) dan balap kedua akan dilangsungkan Minggu (10/3). Ajang balap ARRC 2019 sendiri akan diselenggarakan sebanyak 7 seri dengan masing-masing dua kali balapan di setiap serinya.

Seri pertama akan diadakan di Malaysia (2-3/3), selanjutnya di Australia (27-28/4), Thailand (1-2/6), Jepang (29-30/6), Korea Selatan (10-11/10), Malaysia (21-22/9) dan terakhir di Thailand (30/11-1/12). [Ary/Ari]


Komentar