Nvidia dan Bosch Kembangkan Chip untuk Mobil Otonom Share this

Nvidia dan Bosch Kembangkan Chip untuk Mobil Otonom

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 21 Maret 2017

Foto: Teknologi otonom Nvidia dan Bosch

STUTTGART - Nvidia dan Bosch menjalin kerjasama dalam mengembangkan teknologi mobil bergerak otomatis (mobil otonom) untuk diproduksi massal.

Perusahaan bidang komponen elektronik dan otomotif itu mencoba membuat komponen kecil yang cerdas untuk mobil otonom di masa depan. Produk tersebut dinamai Bosch AI Artificial Intellingence (AI). AI menggunakan basis teknologi dari NVIDIA yaitu Drive PX “Xavier” superchip. Komponen ini merupakan prossesor single-chip tertama di dunia yang mampu mencapai level-4 untuk self-driving cars.

Drive PX “Xavier” superchip ini diklaim sangat pintar. Superchip ini dapat menjalankan teknologi otonom secara sempurna tanpa bantuan software pendukung lain. Dengan benda mungil ini, memungkinkan mobil otonom bergerak secara mode otomatis dengan baik dan benar tanpa menimbulkan tumbukan depan, samping dan belakang.

Hal tersebut karena superchip ini dapat melakukan pemetaan lingkungan sekitar mobil secara 3D. Nvidia dan Bosch membuat alat ini seakan menjadi "jiwa" dan menggerakkan mobil otonom tanpa bantuan pengemudi.

"Kendaraan otonom merupakan tantangan besar dan kini telah ada solusinya dengan adanya terobosan baru dalam Artificial Intelligent. Menggunakan komputer DRIVE PX AI car, Bosch akan membuat sistem automotive-grade untuk produksi massal mobil otonom," kata Jean-Hsun Huang, Founder and Chief Executive Nvidia.

"Bersama kami akan mewujudkan masa depan di mana kendaraan otonom akan membuat mobilitas kian aman dan dapat digunakan oleh semua orang," lanjutnya.

Ia berharap NVIDIA dan Bosch mampu menciptakan mobil bergerak otomatis yang aman dan nyaman di masa depan. [Amo/Ikh]


Komentar