Nissan Livina Cuma Butuh 7 Liter Bensin dari Bandung-Jakarta Share this
Berita Mobil
Mode baca

Nissan Livina Cuma Butuh 7 Liter Bensin dari Bandung-Jakarta

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 05 Desember 2016

Foto: Tantangan 7 Liter Bensin dari Bandung-Jakarta

BANDUNG – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menggelar sebuah kompetisi "Tantangan 7 Liter Livina" akhir pekan lalu. Kompetisi ini melibatkan 18 unit Nissan Livina yang masing-masing dimuati dua orang jurnalis.

Tujuan diadakan kompetisi ini untuk mengetahui tingkat efisiensi mobil keluarga penggerak gera roda depan tersebut. Dalam agenda ini NMI ingin membuktikan slogan Nissan Intelligent Mobility melalui teknologi Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission) pada Nissan Grand Livina.

Kompetisi ini memiliki dua kategori yaitu AC dan non-AC. Dimulai dari dealer Nissan Cimahi dan peserta menempuh rute melalui tol Cipularang menuju dealer Nissan MT Haryono, Jakarta. Peserta hanya dibekali dengan bensin sebanyak 7 liter yang diisi sebelum kompetisi dimulai.

Mengusung teknik Eco Driving dengan memanfaatkan momentum gravitasi, membatasi hingga 2.000 rpm dan menggunakan suhu AC terendah berhasil membuktikan efesiensi bahan bakar tinggi. Kompetisi ini berlangsung selama 4 jam dengan kondisi jalan sepi, ramai dan padat.

Rekor konsumsi BBM paling efisien tercatat sebesar 30,3 km per liter berdasarkan angka tertinggi pada Multi Information Display (MID) yang sebelumnya telah diatur ulang di awal keberangkatan.

“Bagian tersulit adalah ketika menemui beberapa titik kemacetan, seperti di Bekasi dan keluar tol Halim, tetapi saya mencoba mempraktekkan apa yang saya dapat dari workshop eco-driving kemarin di Nissan Media Workshop, intinya harus sabar dan tidak agresif. Hasilnya, saya berhasil mendapatkan konsumsi rata-rata BBM sebesar 30,3 km/liter,” kata Donny, salah satu peserta kategori non-AC.

“Tantangan 7 Liter Livina merupakan bagian dari Nissan Media Workshop 2016, sebuah wadah di mana Nissan akan terus berbagi informasi mengenai Nissan Intelligent Mobility kepada media di Indonesia. Ini menjadi awal dari program berkelanjutan yang bertujuan untuk memperkenalkan Nissan Intelligent Mobility lebih jauh lagi kepada masyarakat Indonesia yang akan berjalan sepenuhnya di tahun 2017,” tutur Antonio “Toti” Zara, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia.

Nissan Grand Livina telah didukung dengan Xtronic CVT yang merupakan sebuah teknologi transmisi otomatis pintar. Transmisi ini mampu menghasilkan perpindahan gigi secara halus, tanpa hentakan dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien tanpa mengorbankan akselerasi

Berikut pemenang ‘Tantangan 7 Liter Livina’:

Kategori AC

- Insan Akbar Krisnamusi dan Choirul Arifin

- Rendy Surya Setiawan dan Pamela Sarnia

Kategori Non-AC

- Donny Apriliananda dan Jeffry Yanto Sudibyo

- Mochammad Dipa dan Danu Dirgantoro

- Sugeng Sulaksono dan A. Harry Budiawan [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Nissan Livina Cuma Butuh 7 Liter Bensin dari Bandung-Jakarta


Komentar