Nissan Leaf Nismo Concept, Bukti Mobil Listrik Bisa Diandalkan Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Nissan Leaf Nismo Concept, Bukti Mobil Listrik Bisa Diandalkan

Adi Hidayat
pada 10 Oktober 2017

Foto: Nissan-Leaf-Nismo-Concept

YOKOHAMA – Nissan Leaf Nismo Concept akan menjadi salah satu andalan Nissan di ajang Tokyo Motor Show 2017.

Mobil konsep ini mengambil platform new Nissan Leaf yang diluncurkan pada September. Beberapa ubahan telah diberikan Nissan guna menjadikan mobil konsep ini tampil lebih berani dan berbeda jika dibandingkan dengan versi standar.

Salah satunya adalah dengan desain eksterior yang dirancang oleh Nismo, divisi Nissan untuk motorsport dan tuning in-house. Beberapa penambahan aksesori dihadirkan guna meningkatkan kinerja aerodinamika tanpa menghilangkan koefisien drag terbaik yang dimiliki oleh Leaf. Interior mobil pun juga tidak luput dari pengembangan karena kini kabin telah menggunakan warna hitam khas mobil Nismo.

Perfoma mobil ditingkatkan dengan penggunaan suspensi sport-tuned dan ban baru. Nissan juga menambahkan komputer custom untuk meningkatkan kecepatan secara instan sesuai dengan keinginan pengemudi.

Sementara itu sejumlah fitur standard masih disematkan pada mobil ini. Salah satunya adalah teknologi mobil otonom yaitu Nissan ProPILOT. Selain itu, juga dilengkapi dengan ProPILOT Park yang merupakan teknologi pertama pada kendaraan buatan Jepang untuk mengendalikan kemudi, akselerasi, pengereman, perubahan shift dan rem parkir, untuk secara otomatis membimbing mobil ke area parkir yang dituju.

Fitur lain dari LEAF adalah e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi mulai berkendara, mempercepat, melambat dan berhenti, hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal gas.

Nissan Leaf sendiri sudah dikenalkan ke masyarakat Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ketika itu, Nissan Leaf hanya menjadi pajangan dan disebut-sebut siap untuk mengaspal di Indonesia bila regulasi tentang mobil listrik sudah siap.

Regulasi tentang mobil listrik sendiri saat ini masih digodok oleh Pemerintah. hal ini karena perkembangan industri otomotif ke depan akan bergerak ke arah tersebut. Selain brand-brand mapan, mobil-mobil buatan anak bangsa pun mulai kembali bermunculan.

Salah satunya adalah mobil Selo yang sempat menghilang namanya. Kini, Selo seakan mendapat harapannya kembali setelah Presiden Joko Widodo melihat langsung mobil tersebut dan menyatakan bahwa pihaknya akan mendukung inovasi anak bangsa. [Adi/Ikh]


Komentar