Nissan Kenalkan 'Canto', Suara Buatan untuk Mobil Listrik Share this

Nissan Kenalkan 'Canto', Suara Buatan untuk Mobil Listrik

Adi Hidayat
pada 02 November 2017

Foto: Nissan-Leaf-Nismo-Concept

TOKYO – Nissan mengenalkan ‘Canto’, sebuah teknologi suara untuk mobil listrik masa depan.

Boleh dikatakan mobil listrik memang hampir tidak mengeluarkan suara. Akibatnya, banyak pejalan kaki yang tidak menyadari kehadirannya sehingga membuat risiko kecelakaan meningkat. Oleh karena itulah, pabrikan mobil menambahkan suara buatan agar mobil listrik dapat melaju lebih aman.

”Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar dan komponen krusial tersebut adalah suara. ‘Canto’ dirancang khusus untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan. Sebuah suara berenergi dan lantang yang menjadi ciri khas merek dan menunjukkan keunikan posisi kami di antara mobil-mobil listrik lainnya,” ungkap Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., for Global Marketing Sales, Zero-Emission Vehicles and Battery Busines.

‘Canto’ berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘aku menyanyi’. Berbagai jenis suara dan nada akan beragam, sesuai dengan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut akan diaktivasikan pada kecepatan 20-30 kpj, tergantung kebutuhan di beragam kondisi.

Nissan mengatakan tingkat suaranya akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki, warga dan penumpang. Dengan demikian maka tidak akan terjadi polusi suara yang umum terjadi di kawasan padat lalu lintas.

Nissan mengklaim bahwa pihaknya merupakan pelopor untuk kendaraan bersuara buatan sejak 2010, melalui sistem ‘Approaching Vehicle Sound for Pedestrians’. Sistem tersebut menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki sehingga mereka tahu ada mobil mendekat.

Adalah wajar bila Nissan memang cukup fokus terhadap teknologi suara ini. Pasalnya, Nissan memang memiliki cukup banyak mobil listrik sehingga teknologi ini terbilang krusial bagi mereka. [Adi/Ikh]


Komentar