Nissan Edukasi Pemerintah RI Soal Teknologi e-Power Share this

Nissan Edukasi Pemerintah RI Soal Teknologi e-Power

Adi Hidayat
pada 13 November 2017

Foto: Nissan-e-Power-OS

TANGERANG – Nissan mulai memamerkan teknologi tersebut langsung kepada pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto.

Nissan e-Power pertama kali hadir di Indonesia melalui acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Nissan mengklaim bahwa teknologi ini merupakan jembatan dari kendaraan bermesin konvensional menjadi kendaraan bertenaga listrik sepenuhnya.

“Sistem penggerak motor listrik e-Power dari Nissan merupakan solusi untuk mulai mengenalkan kendaraan bertenaga listrik di Indonesia. Teknologi e-Power akan menjadi jembatan ideal dalam perubahan penggunaan mobil berbahan bakar bensin dan solar menjadi kendaraan listrik seutuhnya,” kata Eiichi Koito, President Director PT NMI di Tangerang, Senin (13/11/2017).

Taknologi e-Power pertama kali dikenalkan pada November 2016, tepat saat Nissan Note e-Power diluncurkan di Jepang. Sistem penggerak elektriknya diadaptasi dari teknologi Nissan Leaf yang menggunakan sistem penggerak roda pada Nissan e-Power menggunakan motor elektrik dengan tenaga dari baterai lithium-ion on board.

Uniknya, Nissan e-Power tidak membutuhkan charger eksternal namun menggunakan mesin bensin berukuran kecil untuk mengisi daya baterai ketika mobil sedang dikendarai.

“Teknologi e-Power hanya menggunakan motor listrik berdaya tinggi dan tidak menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan kendaraan. Pengemudi dapat menikmati ketenangan, torsi instran dan karakteristik dari perfoma kendaraan listrik yang halus dan tidak perlu khawatir dalam pengisian ulang baterai. Hal ini sangat relevan dengan  situasi di Indonesia,” pungkas Koito.

Pemerintah memang saat ini tengah menggodok kebijakan terkait mobil listrik di Indonesia. Hal tersebut pun membuat Nissan berinisiatif untuk mengenalkan teknologi e-Power di Indonesia yang diklaim lebih cocok untuk di Indonesia. [Adi/Ikh]


Komentar