Nissan Ariya, SUV Listrik Canggih Bisa Nyetir Sendiri Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Nissan Ariya, SUV Listrik Canggih Bisa Nyetir Sendiri

Denny Basudewa
pada 28 Oktober 2019

Foto: Nissan Ariya

TOKYO – Nissan memperkenalkan Ariya sebagai konsep kendaraan pintar di Tokyo Motor Show 2019.

Sebagai kendaraan konsep, Ariya seolah menandakan era baru mobil masa depan Nissan. Visi perusahaan yakni Nissan Intelligent Mobility digambarkan secara gamblang melalui kendaraan satu ini.

“Kendaraan dengan arsitektur baru, berarti mendefinisikan peluang baru untuk berinteraksi dengan masyarakat. Bagaimana EV bisa disandingkan dengan kemampuan mengemudi yang canggih dan menawarkan perspektif baru,” ucap Alfonso Albaisa, Nissan Senior Vice President of Global Design.

Nissan Ariya diklaim memiliki ruang yang roomy, kabin premium dan hadir dengan desain menarik. Dilengkapi dengan motor listrik kembar menjadikan mobil mampu melaju dengan lebih kencang serta aman berkat lengkapnya fitur keselamatan.

Tampilan eksterior dari Nissan Ariya memang tidak terlalu menarik. Identitas Nissan terlihat setelah  menyematkan desain dari V-motion grille.  Lampunya dibuat meruncing dan terkesan dinamis. Sementara pada bagian samping, Nissan tidak menyematkan terlalu banyak ornamen namun tetap terlihat apik.

Nissan Ariya telah dilengkapi dengan teknologi ProPilot 2.0 yang memungkinkan pengendara untuk melepas kemudi. Menariknya, ketika pengemudi melepas kendalinya, maka pencahayaan interior akan berubah. Tujuannya adalah agar pengemudi sadar bahwa Ia sedang melepas kendali terhadap kendaraan.

Konsep Ariya mengangkat elemen desain yang pertama kali ditampilkan melalui konsep Nissan IMx di Tokyo Motor Show 2017. Elemen desain tersebut termasuk shield berciri khas V-motion elektrik yang berani dan bilah lampu belakang yang mencolok, overhang pendek, dan interior yang lebih terkesan seperti lounge daripada kabin kendaraan konvensional. [Dew/Idr]


Komentar