New Suzuki Katana Caplok Mesin GSX-R1000 Share this
Motor Baru
Mode baca

New Suzuki Katana Caplok Mesin GSX-R1000

Denny Basudewa
pada 03 Oktober 2018

Foto: Suzuki Katana

COLOGNE – Suzuki meluncurkan new Katana pada pameran otomotif Intermot, Jerman.

Motor sport semi naked ini merupakan legenda yang dilahirkan kembali. Suzuki Katana sendiri pertama kali diperkenalkan pada 1981 sebagai motor dengan desain atraktif. Kemudian pada 2005 Katana hadir kembali sebagai motor konsep.

Katana 3.0 concept hadir dari racikan tangan seorang desainer bernama Rudolfo Frascoli. Sedangkan mesinnya dikembangkan langsung oleh para insinyur Suzuki. Perpaduan tersebut menghasilkan motor dengan bentuk yang indah dan bertenaga.

Hadir kembali pada Intermot 2018, new Suzuki Katana mengalami sejumlah ubahan. Salah satunya adalah penggunaan lampu depan berteknologi LED dan dilengkapi dengan DRL pada bagian sisinya. Hal ini membuat motor tampak kekinian dan sesuai dengan tampilan motor yang tajam bak Katana (pedang kecil di Jepang).

New Suzuki Katana dikatakan lebih enak dikendarai karena menggunakan swingarm yang lebih panjang. Hal ini membuat grip ban belakang lebih baik dalam mencengkram aspal. Motor ini juga masih menganut paham idealis sehingga hanya tersedia satu buah jok untuk pengendara saja. Adapun ketinggian jok dari tanah mencapai 825 mm.

Motor legendaris yang terlahir kembali ini memiliki ciri khas dari bentuk fairing dan tangki bahan bakar. Meskipun telah dilengkapi sejumlah fitur terkini, Suzuki Katana masih setia dengan bentuk yang membuatnya melegenda.

New Suzuki Katana menggunakan rangka twin-spar alumunium yang dicomot dari GSX-R1000. Rangka yang sangat ringan ini membuat pengendalian kendaraan semakin nyaman. Selain itu motor ini juga tetap stabil kendati dipacu dalam kecepatan tinggi.

Di sisi lain, mesin Suzuki GSX-R1000 yang dicangkokkan pada new Katana dikatakan mampu menghasilkan tenaga maksimal 150 hp pada 10.000 rpm. Sementara torsi teratas motor ini mencapai 108 Nm pada 9.500 rpm.

Urusan pengereman dipercayakan pada Brembo yang dilengkapi dengan ABS dari Bosch. Perangkat tersebut bertugas untuk menjepit disc brake berdiameter 310 mm dengan model floating. Sementara suspensi menggunakan USD fully adjustable 43 mm pada bagian depan, sementara di belakang menggunakan mono schock adjustable. Keduanya menggunakan merek KYB.

New Suzuki Katana baru akan dipasarkan pada musim panas 2019. Sementara mereka telah menyiapkan beberapa aksesori seperti screen berwarna, jok berwarna, cover mesin karbon dan kaliper berwarna. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
New Suzuki Katana Caplok Mesin GSX-R1000


Komentar