All-new Proton Persona Lebih Muda dan Gaya Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Proton Persona Lebih Muda dan Gaya

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 24 Agustus 2016

Foto: All-new Proton Persona

KUALA LUMPUR - Proton Holdings Bhd meluncurkan all-new Proton Persona dengan harga mulai RM46,800 - RM59,800 (Rp 153 - Rp 196 juta). Sedan yang masuk kelas B-segmen ini memiliki wajah lebih segar.

Klaim pabrikan, all-new Persona telah berkembang secara signifikan lebih dari model pendahulunya dalam hal fitur dan teknologi yang kini lebih canggih dan mengerti para penggunanya, termasuk kabin lebih minim getaran dan bising dari luar mobil.

Untuk eksterior, bagian ini didesain lebih halus. Fasia depan mobil menampilkan bahasa sporty yang terlukis pada lampu depan, grille, bumper depan baru. Beranjak ke buritan. Bagian ini menyuguhkan bahasa desain baru yang lebih segar. Anda bisa lihat ubahan pada bumper belakang, lampu rem dan penambahan list chrome di pintu bagasi guna mengejar kata mewah.

Proton chief executive officer Datuk Ahmad Fuaad Kenali mengatakan, all-new Proton Persona menyasar segmen muda dan trendi.

"Mobil ini cocok bagi mereka yang mencari mobil bergaya dengan banyak fitur menarik untuk berkendara sehari-hari. Mobil ini sangat menyenangkan, bernilai tinggi dari segi keamanan dan keselamatan," kata Fuaad.

Berdasarkan platform Proton Iriz, all-new Proton Persona memiliki wheelbase 2.555 mm, lebar 1.722 mm, tinggi 1.554 mm dan panjang 4.387 mm (lebih panjang 467 mm dari Iriz). Hal ini juga memungkinkan untuk bagasi lebih luas hingga 510 liter (dibandingkan Iriz cuma 215 liter).

Proton menyediakan tiga pilihan varian yaitu Standard, Executive dan Premium yang semuanya didukung oleh mesin bensin empat-silinder VVT 1.6-liter DOHC dilengkapi ECO Drive Assist. Mesin ini menghasilkan tenaga 107 hp pada 5.750 rpm dan 150 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga dikirim ke kedua roda depan melalui transmisi manual lima-kecepatan (untuk varian standard) atau CVT.

Sejak menggunakan mesin ini, artinya Proton Persona akan meninggalkan mesin 1.3-liter VVT. Ke depannya mesin 1.3-liter VVT cuma digunakan pada new Saga.

Guna meningkatkan keselamatan penghuni kabin, all-new Persona datang dengan ABS (plus EBD dan brake assist), electronic stability control (ESC), traction control, hill-hold assist dan ISOFIX child seat anchors, 6 airbag untuk varian tertinggi sementara dua di bawahnya cuma mendapat 2 airbag. [Ikh]


Komentar