New Nissan GT-R Lebih Bertenaga dan Nyaman Share this
Mobil Baru
Mode baca

New Nissan GT-R Lebih Bertenaga dan Nyaman

Denny Basudewa
pada 27 Mei 2016

Foto: New Nissan GT-R

HERTFORDSHIRE - Nissan GT-R mendapat tempat tersendiri bagi pecinta mobil sport sejak tahun 2007. Kini produk legendaris tersebut hadir kembali dengan sejumlah ubahan berarti.

Sejak kemunculan perdana di  New York International Auto Show Maret 2016, penerus R35 kini tampil lebih gaya dengan penambahan sejumlah fitur. New Nissan GT-R (model 2017) juga dibekali mesin yang lebih bertenaga, namun tetap nyaman dikendarai.

Ubahan pada bagian eksterior dan interior terlihat jelas pada generasi terbaru pada new Nissan GT-R. Fokus pembenahan dilakukan dengan memperbaharui bagian chassis. Jantung pacu 3.8-liter 24-valve V6 twin turbo charger akan memuaskan para penggila kecepatan.

Meskipun dinobatkan sebagai mobil berperforma, new Nissan GT-R diklaim memiliki tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dari edisi sebelumnya.

Dari segi desain, bagian eksterior new Nissan GT-R kini tampil lebih sporty dengan penggunaan bumper, Daytime Running Light (DRL), dan grille berbahan krom terbaru. Grille baru berbentuk V-Motion menjadi identitas produk Nissan terkini.

Struktur bonnet juga mendapat ubahan, bagian ini mendapat sentuhan guna memperbaiki sisi aerodinamis pada kecepatan tinggi. Dari segi penampilan, generasi terbaru GT-R ini lebih mengedepankan sisi aerodinamika sebuah kendaraan.

Nissan GT-R 2017 Bagian buritan Nissan GT-R 2017

New Nissan GT-R tetap mempertahankan desain lampu belakang berbentuk bulat. Namun jika diperhatikan dengan seksama, new Nissan GT-R kini memiliki diffuser berkelir perak.

Masuk ke dalam kabin, mobil berpeforma ini mempersembahkan interior berkelas. Jok berbahan Nappa dengan kualitas kelas atas berpadu dengan dashboard berdesain horizontal flow.

Melirik pada bagian dashboard, new Nissan GT-R kini lebih simpel dengan beberapa pembaruan. Switch sistem audio control kini menyusut menjadi 11 dari 27 pada model sebelumnya. Kontrol sistem navigasi ditempatkan lebih rendah untuk memudahkan pengendaranya.

Tenaga mesin diklaim bertambah 20 hp pada new Nissan GT-R. Kini mobil sport tersebut mampu menyalurkan tenaga maksimal sebesar 570 hp pada 6800 rpm. Hal ini berkat peningkatan tekanan boost pada turbo dan sistem pengapian pada tiap silinder.

Pengembangan ini juga meningkatkan performa kendaraan pada kecepatan sedang (rpm 3200 ke atas). Sistem pengapian baru tersebut juga mampu mengurangi gejala knocking dan proses pembakaran lebih bersih.

Chassis baru dikembangkan menjadi lebih rigid sehingga memberikan handling dan stabilitas kendaraan lebih maksimal. Suspensi Bilstein edisi spesial menjamin penggunanya lebih nyaman dalam segala situasi jalan.

Peranti peredam kejut ini memiliki tiga pilihan fungsi yakni Normal, Comfort dan R. Pada mode R dan Comfort, menawarkan kualitas pengendalian yang lebih lembut.

Dari segi kemanan, new Nissan GT-R dilengkapi dengan rem Brembo monoblok enam piston pada bagian depan, dan empat piston pada bagian belakang. Pengguna juga dilindungi dengan Nissan Advanced Air Bag System (AABS) yang terintegrasi.

Fitur keamanan pada new Nissan GT-R semakin lengkap dengan Advanced Vehicle Dynamic Control (VDC) stability control system with three driver-selectable modes (Normal, R-Mode, Off), Electronic Traction Control System (TCS), Anti-Lock Braking System (ABS) and Electronic Brake force Distribution (EBD), RearView Monitor, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) and automatic on/off headlights.

Di Inggris, new Nissan GT-R tersedia dengan tiga pilihan varian yakni Pure, Recaro dan Prestige. Selain itu, mobil ini juga ditawarkan versi terkencangnya (NISMO). Nissan GT-R 2017 dilepas dengan harga mulai 79,995 hingga 91,995 GBP, atau sekitar Rp 1,5 - Rp 1,8 miliar [Dew/Ikh]


Komentar