New Mercedes-AMG E63 S Bertenaga 603 Hp Share this
Mobil Baru
Mode baca

New Mercedes-AMG E63 S Bertenaga 603 Hp

Denny Basudewa
pada 26 Oktober 2016

Foto: New Mercedes-AMG E63

STUTTGART – Mercedes-AMG mengenalkan generasi terbaru dari E63 dan E63 S yang diklaim sebagai E-Class terkencang.

Jelang peluncuran resmi di ajang Los Angeles Auto Show 2016, dua varian E63 ini dibekali mesin lebih kecil dari versi sebelumnya (5.5-liter twin-turbocharged V8). Mereka kini menyematkan jantung penggerak 4.0-liter force-fed V8 dan 4Matic, sebagai standar Mercedes-Benz berpenggerak all-wheel-drive di seluruh dunia.

Dalam kondisi standar, mesin 8-silinder E63 mampu memuntahkan tenaga 563 hp dan torsi 750 nm. Varian ini hanya membutuhkan waktu 3,5 detik untuk berakselerasi hingga 100 kpj dari diam. Sedangkan varian E63 S memiliki tenaga sebesar 603 hp dengan torsi 850 nm. Dengan menyandang huruf S, varian ini mampu berakselerasi lebih baik 0-100 dalam 3,3 detik.

Kemampuan mesin keduanya dibatasi sehingga Mercedes-AMG E63 hanya mampu dipacu sampai kecepatan 250 kpj. Sedangkan Mercedes-AMG E63 S sedikit lebih baik karena mampu dikebut hingga 300 kpj.

Meskipun diklaim sebagai E-Class terkencang yang pernah dibuat, kedua mobil ini juga mampu “dipaksa” irit bahan bakar. AMG membuat empat dari delapan piston berhenti bekerja dengan mengaktifkan mode transmisi comfort. Program tersebut bekerja saat putaran mesin bekerja di kisaran 1.000 - 3.250 rpm.

Sistem transmisi sendiri menggunakan 9-percepatan otomatis dengan teknologi Multi Clutch Technology (MCT). Perpindahan gigi sendiri semakin mudah dengan menggunakan paddle-shift yang tersemat di belakang kemudi. Sistem ini mengatur saluran tenaga mesin keempat rodanya secara bersamaan.

Meskipun Mercedes-Benz tidak memberikan pilihan untuk mode penggerak roda belakang pada mobil ini, namun pada E63 S 4Matic, konsumen dapat menggunakan fitur Drift Mode yang hanya mendistribusikan tenaga ke ban belakang saja.

Tampilan Mercedes-AMG semakin gaya berkat penggunaan lingkar roda 19” (20” untuk versi S) dan bentuk grille yang spesifik dengan E-Class lainnya. Pada bagian belakang, empat buah pipa knalpot dan rear spoiler menambah kesan istimewa pada kendaraan ini. [Dew/Ikh]


Komentar