New KTM 790 Adventure dan Adventure R Bikin Gatal Petualang Share this
Motor Baru
Mode baca

New KTM 790 Adventure dan Adventure R Bikin Gatal Petualang

Denny Basudewa
pada 26 Maret 2019

Foto: KTM 790 Adventure dan 790 Adventure R

MATTIGHOFEN – New KTM 790 Adventure dan Adventure R telah hadir di dealer-dealer KTM mulai Maret 2019.

Dua motor petualangan dari Austrian tersebut telah siap untuk dipinang oleh para pencinta kendaraan roda-dua jenis adventure di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menempuh berbagai medan jalan. Namun sangat bersahabat dengan berbagai jenis pengendara.

Motor berkapasitas mesin 799 cc parallel twin ini diklaim sanggup menempuh jalur yang ekstrem sekalipun, tanpa mengorbankan kenyamanan berkendara jarak jauh. Jantung mekanis kendaraan juga dibuat agar efisien sehingga mampu menempuh jarak 450 km dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh.

Rancang bangun kendaraan tersebut dikembangkan dengan menggunakan suspensi depan ergonomis, handling sempurna dan sistem elektronik yang mumpuni. Keahlian KTM dalam membangun kendaraan tangguh sudah tidak diragukan lagi karena berkaca dari KTM 450 Rally yang tidak terkalahkan di kejuaraan Dakar.

KTM 790 Adventure

Motor ini dikatakan sebagai kendaraan yang memiliki kemampuan offroad paling mumpuni dibandingkan kompetitor. Tenaga yang besar dari mesin membuat kendaraan sangat mudah diajak berpetualang.

Dengan mengandalkan ban Avon TrailRider dan WP suspension, KTM 790 Adventure sangat nyaman digunakan pada medan aspal lurus hingga medan berbatu. Motor ini juga cukup bersahabat bagi segala jenis pengendara karena ketinggian jok dari tanah bisa diatur (830/850 mm). Adapun konsumen dapat memilih opsi KTM PowerParts seat dan suspensi yang membuat ketinggian jok menjadi 800 mm dari tanah.

KTM 790 Adventure R

Motor ini dikatakan sengaja dirancang tidak hanya untuk menempuh medan offroad, namun dipersiapkan bagi pengendara yang hobi melakukan perjalanan jarak jauh.

Salah satunya terlihat dari penggunaan suspensi depan USD (upside down) Xplor 48 mm dan PDS shock absorber pada bagian belakang. Pengembangan peranti peredam kejut ini dikatakan membuat motor setara dengan EXC enduro-level.

Guna memberikan kenyamanan dalam berkendara di segala medan, KTM 790 Adventure R dibekali dengan 9 pilihan mode berkendara. Banyaknya pilihan tersebut semakin menegaskan bahwa kendaraan ini memang diciptakan untuk berbagai model lintasan.

KTM 790 Adventure dan Adventure R sudah tersedia di dealer-dealer. Namun bagi para penggemar di Indonesia harus ekstra sabar menanti kendaraan tersebut. Karena hingga saat ini belum terdengar rumor masuknya kedua produk masuk ke Tanah Air. [Dew/Idr]


Komentar