All-new Kia Picanto, Enerjik dan Berjiwa Muda Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Kia Picanto, Enerjik dan Berjiwa Muda

Indra Prabowo
pada 04 Januari 2017

Foto: All-new Kia Picanto

GENEVA – Apakah Anda penasaran dengan all-new Kia Picanto? Untuk sementara Anda baru bisa menikmati beberapa foto yang dirilis oleh Kia Motors beberapa saat lalu.

Generasi ketiga Kia Picanto akan dipamerkan di Geneva Motor Show 2017 sebelum dipasarkan pada musim semi.

Hasil kerjasama antara orang-orang di dua pusat desain Kia Motors di Namyang dan Frankfurt adalah sosok Picanto yang  enerjik dan berjiwa muda.

Wheelbase generasi ketiga Kia Picanto lebih panjang 15 mm dari 2,385 mm menjadi 2,400 mm. Dengan wheelbase lebih panjang tidak membuat panjang keseluruhan tubuh model baru menjadi lebih panjang, berkat overhang depan lebih pendek dan overhang belakang lebih panjang. Panjang antara generasi kedua dan ketiga sama, yaitu 3,595 mm.

Sementara di bagian interior, kita akan menyaksikan sistem infotainment layar-sentuh ‘mengambang’.

Generasi kedua Picanto hadir dalam pilihan 3-pintu dan 5-pintu. Dimensi eksterior tipe tiga-pintu dan lima-pintu Picanto identik untuk memastikan para pemiliknya menikmati tingkat yang sama ruang interior dan keselamatan. Namun, Presiden Desain Peter Schreyer dan tim kreatifnya memastikan Picanto 3-pintu memiliki keistimewaan sendiri.

Di Inggris, Picanto menyodorkan opsi mesin 1.0 liter dan 1.25 liter. Meski kedua mesin tersebut diklaim irit bahan bakar minyak (BBM), toh, untuk lebih menghematnya Kia Motors menyelipkan teknologi Intelligent Stop & Go (ISG) stop/start system serta Motor-Driven Power Steering (MDPS).

Meski tubuhnya mungil bukan berarti fitur-fitur keselamatannya minim. Kia Motors menjejalinya dengan Electronic Stability Control (ESC) & Vehicle Stability Management (VSM) guna menjaga mobil tetap di jalurnya ketika melintasi medan licin dan menikung dengan cepat.

Generasi kedua Picanto pun mengantongi anti-lock brakes (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) untuk membagi daya pengereman kepada roda-roda yang memiliki traksi paling berlimpang, serta Emergency Brake Assist (BAS), memastikan daya hentinya maksimum dalam keadaan darurat, terlepas tekanan yang diberikan oleh pengemudi ke pedal gas.

Kia Picanto merupakan mobil terkecil dan terlaris Kia Motors di dunia. Generasi ketiga Kia Picanto diprediksi kuat akan masuk ke Indonesia ketika Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. [Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
All-new Kia Picanto, Enerjik dan Berjiwa Muda


Komentar