New Kawasaki Z1000 SX Tetap Pertahankan Motor Sport Touring Share this
Berita Motor
Mode baca

New Kawasaki Z1000 SX Tetap Pertahankan Motor Sport Touring

Denny Basudewa
pada 10 Oktober 2016

Foto: New Kawasaki Z1000 SX meluncur di Intermot 2016

COLOGNE - Kawasaki mengenalkan Z1000 SX 2017 dengan desain lebih stylish, mesin lebih kuat, ergonomi dan mengombinasikan piranti elektonik terbaru. Memasuki generasi ketiga, new Kawasaki Z1000 SX tetap mempertahankan tahta sebagai motor Sport Touring.

Tidak berlebihan jika Kawasaki Z1000SX model terbaru menampilkan body sepedamotor yang lebih sporty dan futuristik.

Kawasaki Z1000 SX 2017 masih menggunakan mesin 1.043cc segaris empat-silinder standar Euro-4. Mesin itu sama persis dengan yang digunakan Kawasaki Ninja 1000, mampu menyemburkan tenaga 136 hp padap putaran mesin 9.100 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 7.500 rpm.

Dilihat sudut depan fairing-nya mirip dengan Kawasaki H2 supercharged. Kawasaki mendesainnya lebih besar dari Kawasaki Z1000 SX model lawas dan disematkan lampu depan LED. Improvement sektor itu membedakan antara model baru dan lawasnya.

Kelebihan lain adalah meningkatkan sektor keamanan, wajar jika pabrikan otomotif yang tenar dengan warna hijau asal Jepang tersebut mengubah fitur slipper clutch dan ABS.

Klaim Kawasaki, fitur assist dan slipper clutch pada Kawasaki Z1000SX telah membuat tuas gas lebih ringan sekitar 30 persen. Artinya ini memudahkan pengendara ketika terjebak di kemacetan atau perjalanan jauh.

Di samping itu, ini akan otomatis berfungsi ketika pengendara melakukan penurunan posisi gigi secara agresif. Sebab ketika terjadi penurunan gigi dengan sangat cepat, akan membuat mesin mengalami torsi berlebihan dan kemudian akan membuat ban belakang pada posisi skid yang membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan.

Kondisi ini telah diantisipasi dengan fitur slipper clutch, di mana mampu untuk meminimalisir risiko kecelakaan. Perjalanan touring pun kian aman dan menyenangkan. [Dew/Ikh]


Komentar