New Honda Jazz 2017 Tanpa Fitur Pintar yang Masuk Indonesia Share this
Mobil Baru
Mode baca

New Honda Jazz 2017 Tanpa Fitur Pintar yang Masuk Indonesia

Denny Basudewa
pada 27 Juli 2017

Foto: New Honda Jazz

JAKARTA – New Honda Jazz hadir di Indonesia tanpa fitur keselamatan canggih

Setelah ramai diperbincangkan, akhirnya new Honda Jazz diluncurkan di Tanah Air. Namun sayang beberapa fitur penting pada hatchback ini dihilangkan. Untuk pasar Indonesia PT Honda Prospect Motor (HPM) meniadakan fitur Honda Sensing.

New Honda Jazz di Tanah Air hanya mendapat revisi pada bagian eksterior melalui front bumper, grille, rear bumper dan headlamp. Sementara pada bagian dalam, perubahan terdapat pada AC yang kini menggunakan sistem digital soft touch, dan monitor LCD model floating.

Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM mengatakan, hilangnya fitur keselamatan aktif pada new Honda Jazz karena disesuaikan dengan kondisi jalan dan infrastruktur di Indonesia.

“Fitur Honda Sensing itu hanya bisa diaplikasikan di negara yang sudah cukup maju dan teratur. Mobil juga harus dibekali dengan banyak sensor untuk membaca garis jalan dan sebagainya. Jadi kami putuskan meniadakan fitur-fitur tersebut,” ucap Jonfis di Jakarta.

Menurutnya HPM pernah menyematkan fitur Honda Sensing pada Accord di 2015. Namun pada akhirnya fitur tersebut mendapat banyak keluhan dari penggunanya. Kemudian konsumen memilih untuk menonaktifkan fitur tersebut karena merasa terganggu.

“Kami tarik kembali unitnya karena banyak konsumen yang mematikan sensor itu,” jelas pria bertubuh jangkung tersebut.

Untuk diketahui bahwa Honda Sensing terdiri dari fitur-fitur canggih seperti Pedestrian Collision Mitigation Steering System, Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Assist System, Adaptive Cruise Control, dan Traffiic Sign Recognition.

Sementara New Honda Jazz di Indonesia tidak banyak menerapkan fitur-fitur canggih. Bahkan sensor parkir saja tidak ditemukan pada hatchback terbaru dari HPM tersebut. Sebagai kendaraan favorit anak muda, model ini juga tidak menggunakan fitur rear parking camera.

Jika melihat para produsen mobil lainya seperti Mazda2 misalnya. Fitur-fitur keselamatan aktif pada kendaraan membuat konsumen dapat menikmati perjalanan. Pengendara maupun penumpang dapat merasa aman ketika berkendara.

New Honda Jazz dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 232,5 juta. Sementara varian termahal dihargai Rp 272,5 juta. Hatchback ini ditawarkan dalam enam pilihan warna menarik dan Orange menjadi warna baru andalan New Honda Jazz. [Dew/Ikh]


Komentar