New Ducati Panigale V4 R, Raja Superbike Jalanan Share this
Motor Baru
Mode baca

New Ducati Panigale V4 R, Raja Superbike Jalanan

Denny Basudewa
pada 06 November 2018

Foto: Ducati Panigale V4 R 2019

MILAN – Ducati membuka selubung Panigale V4 R di hadapan para penggemarnya di EICMA 2018 di Milan.

Motor jenis sport ini sebelumnya tertangkap kamera tengah diuji di British Superbike beberapa waktu silam. Kuda besi asal Italia tersebut dikatakan memiliki tenaga yang lebih besar karena menggunakan fitur dan teknologi dari MotoGP.

Ducati Panigale V4 R kali ini lebih istimewa karena fokus pengembangan lebih menyasar sektor mesin dan suspensi. Tim Ducati Corse di MotoGP menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam proses pengembangan. Di samping Ducati Style Center yang bertugas merancang bagian aerodinamika kendaraan.

Fairing Ducati Panigale V4 R terbuat dari bahan serat karbon yang meningkatkan stabilitas kendaraan. Hal ini juga bisa membuat pengguna motor lebih percaya diri di samping faktor sistem elektronik yang disempurnakan.

Bagian fairing motor ini terlihat menggunakan sayap kecil atau winglet yang kerap dipakai pada MotoGP. Perangkat kecil peningkat kemampuan aerodinamis kendaraan ini juga tengah populer di pengguna motor superbike dunia.

New Ducati Panigale V4 R dibuat dan dirancang secara khusus sebagai superbike jalanan, namun telah memenuhi standar motor kompetisi di kejuaraan World Superbike Championship (WSBK). Sejatinya Panigale V4 R generasi terbaru ini akan digunakan pada WSBK musim 2019.

Mesin dua-silinder berkapasitas 1103 cc ini digusur dan digantikan dengan 998 cc Stradale R. Hal ini sesuai dengan aturan WSBK yang mengharuskan mesin berkonfigurasi V4 memiliki kapasitas tidak lebih dari 1.000 cc.

Dibandingkan Panigale V4 S, generasi terbaru dari motor ini diklaim lebih ringan 2 kilogram. Panigale V4 R mengusung bobot kosong hanya 193 kilogram saja. Jantung mekanis kendaraan asal negeri Pizza mengalami ubahan terutama pada air intake. Hasilnya teriakan mesin bisa lebih tinggi dan membuat akselerasi lebih baik

Ducati Panigale V4 R disebutkan mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 221 hp pada 15.250 rpm. Output motor ini bisa lebih dahsyat lagi dengan paket performa Ducati dan knalpot Akrapovic dan menghasilkan tenaga 234 hp pada 15.500 rpm.

Tidak ketinggalan Ducati juga menyematkan sistem elektronik yang membantu penggunanya seperti GPS powered lap timer, Cornering ABS, IMU-assisted traction control (with slide control), wheelie control, launch control dan rear-wheel slide control. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
New Ducati Panigale V4 R, Raja Superbike Jalanan


Komentar