New BMW i3 Disiapkan untuk Tahun Depan Share this
Mobil Baru
Mode baca

New BMW i3 Disiapkan untuk Tahun Depan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 28 November 2016

Foto: BMW i3

MUNICH - BMW i3 salah satu mobil listrik tersukses pabrikan asal Jerman, BMW. Memasuki usianya yang keempat tahun (2013-2017), BMW menyiapkan model terbaru i3 yang akan diluncurkan mulai tahun depan.

Produsen mobil BMW akan meluncurkan new i3 dengan wajah lebih segar dan teknologi yang lebih mapan. Kehadiran new BMW i3 salah satu pembuktian jika perusahaan bermarkas di Munich, Jerman itu sangat siap menyambut era mobil listrik.

Mengutip reuters, BMW membuat mobil listrik ini akan mampu menempuh jarak hingga lebih dari 300 km. Diberitakan, jika daya jelajahnya meningkat 50 persen dari sebelumnya. Kondisi tersebut karena BMW i3 dilengkapi dengan baterai lithium-ion baru.

Sebelumnya dikabarkan bahwa BMW telah mengucurkan dana besar untuk mengembangkan mobil listrik i3 agar lebih baik lagi sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat urban.

Mobil listrik BMW i3 dijual saat ini dibekali dengan motor listrik yang mampu melontarkan tenaga hingga 170 hp (125 kW) dengan torsi mencapai 184 lb-ft (250 Nm). Motor listriknya mampu melesatkan compact car tersebut mulai 0-100 kpj dalam waktu 7,3 detik dengan kecepatan puncak hanya sampai 150 kpj.

Sementara di sisi lain, BMW i3 memiliki mesin kapasitas 650cc dua-silinder. Mesin bensin bertenaga 35 hp ini hanya bertugas sebagai generator untuk membuat mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 300 km.

Proses pengisian daya di listrik rumahan hanya dibutuhkan waktu hingga 6 jam jika menggunakan BMW i Wallbox dan lebih lama 2 jam bila menggunakan soket biasa yang ada di rumah. [Ikh]


Komentar