Neoblitz Disiapkan untuk Ikut Offroad Share this
Berita Mobil
Mode baca

Neoblitz Disiapkan untuk Ikut Offroad

Denny Basudewa
pada 30 April 2019

Foto: NeoBlitz

JAKARTA – Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 menghadirkan Neoblitz hasil karya anak bangsa. Inilah untuk pertama kalinya mobil listrik hasil racikan Universitas Budi Luhur menjadi peserta di pesta otomotif tahunan Telkomsel IIMS 2019.

Universitas tersebut membuat sebuah mobil balap dengan rangka turbular yang sepenuhnya mengandalkan energi listrik, sebagai sumber tenaganya.

“Kehadiran Neoblits di Telkomsel IIMS 2019 karena kita ingin hadir secara nyata di masyarakat. Masyarakat bisa menyentuh, bahkan mencoba mobil listrik ciptaan Universitas Budi Luhur,” ungkap Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, Sabtu (28/4/2019) di Telkomsel IIMS 2019.

Awalnya Universitas Budi Luhur bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mereka berhasil menciptakan mobil protipe Blitz. Kemudian dosen dan mahasiswa Budi Luhur mengembangkan lagi, dengan kemampuan yang lebih baik dan menghasilkan Neoblitz.

Penyempurnaan pada kendaraan sendiri fokus pada kemampuan offroad yang lebih baik. Didukung dengan penggunaan baterai li-ion bertenaga 74.6 kWh, diharapkan mampu memberikan suplai tenaga yang besar pada kendaraan. Berdasarkan hasil riset internal dari Universitas Budi Luhur, kendaraan ini diharapkan mampu memuntahkan tenaga sebesar 200 hp.

Sentuhan selanjutnya menyasar pada bagian rangka yang sebelumnya masih menggunakan material alumunium, kini mobil tersebut beralih dengan menggunakan bahan fiber. Disebutkan bahwa proyek Neoblitz diharapkan bisa rampung pada akhir 2019.

Sementara target besarnya kendaraan ini diharapkan mampu berpartisipasi dalam kejuaraan offroad rally pada 2020. [Dew/Idr]


Komentar