MV Agusta Ikut Moto2 Tahun Depan Share this
Balap Lain
Mode baca

MV Agusta Ikut Moto2 Tahun Depan

Denny Basudewa
pada 18 Mei 2018

Foto: MV Agusta

MILAN – MV Agusta akan mengulang sejarah dengan turut serta di kejuaraan Moto2 pada tahun depan bersama tim Forward Racing.

Kabar masuknya pabrikan motor asal Italia tersebut sudah merebak jauh-jauh hari. Namun kini kabar tersebut menjadi kenyataan dengan datangnya pernyataan resmi dari MV Agusta sendiri.

Dikatakan bahwa MV Agsuta sepakat untuk menggunakan mesin Triumph 765 tiga-silinder yang akan dikawinkan dengan rangka kustom. Mereka juga mengirimkan teknisi untuk membantu tim setiap seri balapan. Sementara Forward hanya bertugas menjalankan tim balap di kelas Moto2.

MV Agusta sendiri mengikuti jejak KTM yang telah lebih dulu berkecimpung di Moto2, dengan menggunakan sasis kustom. Manufaktur asal negeri Pizza tersebut harus beradaptasi dengan mesin buatan Triumph, sejak berakhirnya era Honda di Moto2.

Langkah yang diambil MV Agusta terkait kembali ke Moto2, disebut-sebut karena kurang berprestasi di kejuaraan Superbike. Masa depan mereka di WSBK juga masih tanda tanya hingga saat ini. Dikatakan bahwa pada 2020, sudah tidak ada lagi MV Agusta di superbike.

“Bagi kami sangat penting untuk mempertahankan brand ikonik asal Italia di arena balap. Meskipun keikutsertaan kami di World Superbike masih tanda tanya,” ucap Giovanni Castiglioni selaku CEO MV Agusta.

Bergabungnya MV Agusta ke Moto2 juga memberikan manfaat tersendiri bagi mereka. Setidaknya sebagai penghasil motor tiga silinder, MV Agusta seolah menegaskan kepada publik bahwa produknya selaras dengan dunia balap.

Masuknya MV Agusta ke Moto2 bersama Forward Racing, sekaligus membuka jalan keduanya untuk berlaga di MotoGP di masa mendatang. [Dew/Ari]


Komentar