MV Agusta F4 Claudio Dilengkapi Fitur MotoGP Share this
Motor Baru
Mode baca

MV Agusta F4 Claudio Dilengkapi Fitur MotoGP

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 23 Oktober 2018

VARESE - MV Agusta F4 Claudio ini bisa dibilang edisi spesial tertinggi lantaran mengadopsi varian tertinggi yakni MV Agusta F4 RC.

MV Agusta kerap kali merilis edisi khusus, termasuk model yang dinamainya MV Agusta F4 Claudio ini. Tentu saja dibuat berbeda dari F4 lain, mengingat produk berikut dipersembahkan sang anak Giovanni Castiglioni selaku presiden MV Agusta untuk sang ayah, Claudio Castiglioni.

Secara basis, MV Agusta F4 Claudio mengadopsi bekal milik F4 RC. Mulai dari penggunaan delapan injektor, variable intake panjang hingga ride-by-wire. Namun, MV Agusta juga melakukan pengembangan pada bagian mesin guna meminimalisir gesekan melalui penggunaan DLC-coated camshaft dan ring piston baru.

Sektor elektronik F4 Claudio juga tak seperti varian F4 yang sudah dilansir sebelumnya. Selain punya empat mode berkendara, pemilik pun dapat menyetel sendiri respon bukaan gas dan engine brake sesuai keinginan. Tentunya pula didukung oleh 8 tingkatan pengaturan traction control dan quickshifter (up and down).

Hal yang membuatnya sangat spesial adalah setup elektronik MV Agusta F4 Claudio ini menggunakan tombol seperti kuda besi di MotoGP. Diperkaya lagi dengan penyematan GPS di dashboard, perangkat rem dari Brembo Stylema, fork depan Ohlins NIX 30 berdiamter 43 mm serta suspensi tunggal bermerk serupa tipe TTX36.

Ubahan teknis ini nyatanya mendongkrak kemampuan MV Agusta F4. Versi ini diklaim punya tenaga 205 hp. Bobotnya juga lebih ringan dibanding versi F4 lainnya. Itu lantaran MV Agusta F4 Claudio mengadopsi fairing dan velg berbahan karbon.

Kesan eksklusif juga tampak pada area lain, mulai dari jok hingga penyematan emblem spesial. Harga MV Agusta F4 Claudio sendiri rencananya bakal diumumkan saat perhelatan EICMA 2018 di Milan, Italia. Sebagai informasi, unit ini hanya akan diproduksi sebanyak 100 unit saja. Sementara motornya tiba di dealer pada 2019 mendatang. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
MV Agusta F4 Claudio Dilengkapi Fitur MotoGP


Komentar