MPV Baru Nissan Ketiban Pulung dari Mitsubishi Xpander Share this
Berita Mobil
Mode baca

MPV Baru Nissan Ketiban Pulung dari Mitsubishi Xpander

Amos Arya
pada 04 Oktober 2017

BEKASI - Nissan akan menggunakan platform baru Mitsubisi Xpander.

Aliansi yang telah dibangun antara Nissan, Renault dan Mitsubishi di awal tahun ini akan membuat persaingan di dunia otomotif global semakin sengit. Mitsubishi telah menunjukkan hasil dari kolaborasi ketiga brand ini melalui produk barunya yakni Xpander.

Mitsubishi Xpander telah menunjukkan kemampuannya dalam memikat konsumen di Indonesia melalui desain, kenyamanan, fitur dan performa mesin. Platform baru yang merupakan hasil kolaborasi ini terbukti sangat efektif di pasar otomotif dunia.

Nissan akan menjadi produsen mobil pertama di aliansi tersebut yang akan menggunakan platform Mitsubishi Xpander. Rencananya platform tersebut akan diaplikasikan dalam diri small MPV terbaru Nissan pada 1-2 tahun ke depan.

“Kunci utama dari aliansi ini yaitu efesiensi waktu dan peningkatan perkembangan produk-produk baru. Sehingga produsen mobil yang ada di aliansi ini dapat saling bertukar teknologi untuk menciptakan mobil-mobil terbaik di dunia,” tutur Trevor Mann, Chief Operating Officer PT Mitsubishi Motors Corporation.

Meski saling bertukar teknologi, aliansi ini tetap mempertahankan ciri khas setiap brand dan dipastikan tidak akan sama dengan produk-produk yang memiliki teknologi sama di aliansi ini. Mitsubishi yang memiliki kelebihan frame terkuat di kelas SUV dan kendaraan niaga ringan diyakini akan digunakan dengan baik oleh Nissan.

Nissan sendiri telah memiliki rencana untuk merebadge Xpander untuk menggoyang dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia. Segmen MPV yang merupakan primadona Tanah Air ini menjadi sasaran utama aliansi ini.

Salah satu produk yang diprediksi akan menggunakan platform Xpander yaitu Nissan Livina. Small MPV Nissan ini berhasil mencuri perhatian konsumen pada 2007 dan secara terus-menerus mengalami penurunan penjualan.

Dengan adanya platform tersebut diyakini akan kembali meningkatkan penjualan Livina dan mematahkan dominasi Avanza-Xenia. [Amo/Ikh]


Komentar