MPV 8 Penumpang Suzuki Randy Share this
Mobil Baru
Mode baca

MPV 8 Penumpang Suzuki Randy

Denny Basudewa
pada 15 Desember 2016

Foto: Suzuki Randy

HAMAMATSU – Suzuki Motor Corporation mengenalkan Randy di Jepang.

MPV delapan-penumpang ini dikabarkan akan mulai dipasarkan pada 20 Desember 2016. Multi purpose vehicle (MPV) dengan desain boxy ini dikembangkan menggunakan desain kaca depan lebar sehingga pengemudi mendapat pandangan sempurna ke jalan.

Dalam pengembangannya, Suzuki Randy dibangun guna memberikan ruang kabin yang luas dan nyaman. Seluruh tipe Suzuki Randy menggunakan nuansa hitam pada bagian interior.

Kursi baris kedua dapat digeser agar memberikan kenyamanan lebih pada penumpang baris ketiga. Untuk memudahkan keluar masuknya penumpang, Suzuki menempatkan sensor di bawah pintu geser belakang sebelah kiri. Konsumen hanya perlu menggeser kaki untuk membuka pintu geser.

Dari segi keamanan, kedua pintu geser Suzuki akan berhenti berfungsi jika terhalang sesuatu. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan terjepit pintu geser otomatis tersebut. Selain itu, mereka juga menyematkan Emergency Brake, LDW (Lane Departure Warning), Stepping Mistake Collision Avoidance Assist, Wandering Alarm, Omnidirectional Monitor with MOD (Moving Object Detection) function.

Suzuki menawarkan tiga pilihan varian Randy yakni 2.0 S, 2.0X dan 2.0G. Dari ketiganya hanya tipe S tidak menggunakan teknologi 3S (Smart Simple Hybrid) S-Hybrid. Suzuki Randy menggunakan mesin 2.0-liter bersanding dengan sistem transmisi CVT. Pada dua tipe teratas, Suzuki menawarkan varian sistem penggerak empat roda.

Suzuki Randy diklaim sangat efisien karena rata-rata konsumsi bahan bakarnya hanya berkisar 15-16 km per liter. Seluruh tipe telah menggunakan sistem idling stop system yang menjadikan mobil lebih efisien. Hasil itu kemudian untuk mengurangi beban pajak dari pemerintah Jepang.

Suzuki Motor Corporation mengungkapkan Randy akan dijual seharga 2,5 juta yen atau sekitar Rp 284 juta (2.0 S). Sedangkan versi termahal dijual seharga 3,4 juta yen atau sekitar Rp 369 juta. Pabrikan berlambang S ini menawarkan lima pilihan warna yakni Shining Blue Pearl Metallic, Cashmere Gurege Pearl Metallic, white, silver dan black. [Dew/Ikh]


Komentar