MPM Group Tanam Ribuan Pohon Bambu di Sungai Citarum Share this
Workshop
Mode baca

MPM Group Tanam Ribuan Pohon Bambu di Sungai Citarum

Ahmad  Richad
pada 28 November 2019

JAKARTA - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM) Group lakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam ribuan pohon bambu sepanjang 4 kilometer di pesisir Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Batujaya Karawang, pada kemarin 26 November 2019.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung Gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap 28 November. NPM Group dalam aksi ini  bekerjasama dengan Satgas Citarum Harum Sektor 19 yang dikomandani oleh Kolonel Inf Agus H Soewanto. 

Pohon bambu itu ditanam pada area kritis dengan tujuan penguatan tanah sehingga dapat mencegah terjadinya longsor. Selain itu juga untuk menjaga dan memelihara keseimbangan lingkungan di DAS Citarum.

GM CSR & Corporate Communication MPM Natalia Lusnita mengatakan kegiatan penanaman bambu ini merupakan tanggung jawab sosial MPM Group. Ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi alam dan lingkungan sekitar agar tercipta masa depan yang lebih baik. 

“Dengan bertambahnya jumlah pohon tentu akan menambah jumlah oksigen dan ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, terutama di masa sekarang dimana pemanasan global telah menjadi isu dunia,” tambah Natalia.

Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 19 Kolonel Inf Agus H Soewanto juga mengatakan bahwa dalam mengembalikan kondisi sungai Citarum bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan aparat saja tetapi juga seluruh golongan masyarakat.

“Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam pelestarian lingkungan. Untuk itu saya berharap program pelestarian seperti ini dapat terus berjalan dan juga bisa memotivasi masyarakat untuk lebih peduli lagi kepada alam,” jelas Agus. 

Sungai Citarum sendiri termasuk dalam salah satu sungai yang menjadi pusat perhatian dunia dan masuk dalam PERPRES No.15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS. [Ric/Idr]
 


Komentar