Tim F1 Ferrari Masih Tetap di Sponsori Marlboro

MARANELLO – Tim Ferrari Formula One (F1) akan terus dapat suntikan dana dari Philip Morris induk perusahaan rokok Marlboro sampai akhir musim balap 2021.

Ini merupakan angin segar bagi Tim F1 Ferrari sebelum musim balap 2018 dimulai. Karena seperti kita ketahui, tim balap jet darat paling populer di dunia ini baru saja kehilangan sponsor besar yakni grup perbankan Santander yang lebih memilih mendanai liga sepak bola Eropa atau European Champion League.

Hal ini tentunya menarik, karena seperti kita ketahui pabrikan rokok sudah diharamkan untuk memberikan sponsor ke tim balap F1 sejak 12 tahun lalu. Karena tepat tahun 2006 iklan tembakau dilarang ada pada ajang olahraga di seluruh Eropa.

Regulasi tersebut tentunya menjadi sangat dilematis bagi Philip Moris dan Tim F1 Ferrari saat itu. Bagaimana tidak, tercatat Marlboro telah berada di mobil balap F1 Ferrari sejak tahun !973. Hingga puncaknya sepakat untuk memberikan nama tim Scuderia Ferrari Marlboro.

Keduanya sempat melakukan smooth branding, tulisan Marlboro hilang dari mobil balap F1 Ferrari namun auranya tetap muncul dari logo atau bentuk-bentuk lainnya laksana sebuah kode-kode yang tersirat. Seiring berjalannya waktu, akal-akalan tim Ferrari dan Philip Moris makin tidak jelas untuk melakukan kamuflase tersebut sampai akhirnya terpaksa mencopot Marlboro dari nama tim pada 2011.

Namun demikian, Ferrari tetap melanjutkan kerjasama dengan Marlboro dan tetap mempetahankan warna khas merah beraksen putih. Sebuah statemen resmi menyebutkan “Philip Morris International Inc. (PMI) dan Scuderia Ferrari memperpanjang kemitraan 40 tahun mereka sampai tahun 2021 serta akan mengaturnya kembali”.

“Kami berkomitmen untuk mendorong transformasi revolusioner ini ke depan dengan segala cara yang ada. Termasuk untuk aktivitas motorsport kami. Dan intinya Kami sangat menghargai dukungan Scuderia Ferrari dalam hal ini,” jelas CEO Philip Moris International (PMI) Andre Calantzopoulos.

Pertanyaannya, akankah ada pesan terkamuflase yang dihadirkan PMI di mobil balap F1 Ferrari untuk musim balap 2018?

Dengan tegas Andre menyatakan hal tersebut masih didiskusikan dan dirancang oleh kedua belah pihak. Intinya tidak bakal menyalahi aturan-aturan yang berlaku.

“Rincian desain atau pesan-pesan yang ada di mobil Scuderia Ferrari akan diumumkan dalam beberapa waktu mendatang” tutup Andre. [Ari]