Tiga Juara Dunia Sambut Rookie Asal Portugal ke MotoGP Share this
MotoGP
Mode baca

Tiga Juara Dunia Sambut Rookie Asal Portugal ke MotoGP

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 17 November 2018

Foto: Miguel Oliveira Tech3 KTM.

VALENCIA - Juara dunia yaitu Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mengomentari kedatangan rookie bernama Miguel Oliveira ke kejuaraan MotoGP.

Nama-nama baru bakal membuat pertarungan di MotoGP 2019 lebih menarik. Walau ada pula yang hengkang, tapi para rookie asal Moto2 siap beradu nasib di kelas utama tersebut.

Tercatat ada empat pembalap yang akan terjun di MotoGP 2019. Mulai dari sang juara dunia Moto2 2018, Francesco Bagnaia bersama tim Pramac Ducati, Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha Sepang) dan tentunya Oliveira yang akan membela tim Tech3 KTM.

Kenapa Oliveira yang menjadi sorotan? Apalagi kiprah perdananya itu ditanggapi langsung oleh para juara dunia MotoGP. Padahal, Oliveira belum pernah merebut satu gelar juara dunia di kejuaraan Grand Prix (GP). Tapi, dalam 2 tahun terakhir performanya terus meningkat saat melakoni balap Moto2.

"Kami mengikuti Oliveira sudah lama. Saya rasa dia salah satu yang terbaik di usianya. Dengan sekarang dia ke MotoGP akan menarik karena ada satu pembalap Portugal ke balapan ini. Saya rasa dia adalah satu-satunya pembalap asal Portugal. ini adalah evolusi yang baik di kategori ini dan berharap bisa bisa tampil," ungkap Lorenzo selaku peraih tiga gelar juara dunia MotoGP (2010, 2012 dan 2015).

Serupa dengan Lorenzo, Marquez rupanya sudah memerhatikan Oliveira sejak berkompetisi di CEV International Championship. Menurut pembalap Repsol Honda itu, ini akan menjadi tahun pembelajarannya di MotoGP.

"Saya tahu dia sejak lama karena dia memulai balapan (internasional) dari sana. Perkembangannya sangat bagus. Di MotoGP, dia butuh waktu bersama KTM karena seorang rookie. Tapi, ada orang yang sellu bekerja dengannya sepanjang waktu . Jika tetap mengikuti target, kamu akan mencapainya di akhir nanti," terang Marquez sang juara dunia MotoGP 2013, 2014, 2016, 2017 dan 2018.

Rossi juga tampak antusias menanggapi kedatangan Oliveira ke MotoGP. Menurutnya, Situasi di musim depan nanti juga akan menarik karena di sana juga ada Bagnaia selaku anak didik Rossi.

"Saya pikir tahun depan akan menarik dengan tim dan motor yang bagus serta ada Pecco (julukan Bagnaia) di mana mereka datang dalam kondisi bagus. Mereka akan kuat," sahut Rossi.

Pemilik 7 gelar juara dunia MotoGP itu juga mengungkapkan Oliveira bisa memenangkan balapan karena dia adalah pembalap yang cepat. Rossi juga menyebut pembalap 23 tahun itu bisa jadi pembalap bagus di MotoGP karena punya kontrol diri yang baik.

Jangan lupa ikuti kuis tebak juara MotoGP Valencia berhadiah voucher belanja senilai Rp 5.000.000 dari Otospirit.com [Ary/Ari]


Komentar