Suzuki Ecstar Ikut-ikutan Pakai Winglet

Suzuki Ecstar
Suzuki Ecstar MotoGP

PHILLIP ISLAND – Tim Suzuki Ecstar mengikuti langkah Movistar Yamaha dalam penggunaan winglet jenis baru.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, Yamaha YZR-M1 2017 tunggangan Valentino Rossi membuat heboh di sesi tes pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut menggunakan winglet jenis baru yang diakui Dorna legal.

Pemandangan menarik terlihat pada sesi tes di Sirkuit Phillip Island, Australia, pekan ini. Suzuki GSX-RR 2017 milik Andrea Iannone dan Alex Rins melakukan hal serupa dengan Movistar Yamaha. Tim asuhan Davide Brivio tersebut menggunakan paket aerodinamis berupa winglet jenis baru.

Meskipun memiliki fungsi sama dengan winglet Yamaha, yakni meningkatkan downforce sepedamotor, paket aerodinamis Suzuki Ecstar ini berada di bagian terluar fairing dan berada lebih tinggi dari punya Yamaha.

Setelah munculnya larangan untuk penggunaan winglet pada akhir musim lalu, beberapa pabrikan di awali Yamaha berusaha menciptakan inovasi baru. Sirkuit Phllip Island yang terletak di pesisir pantai merupakan tempat yang tepat dalam penggunaan perangkat peningkat aerodinamika motor.

Suzuki Ecstar
Suzuki Ecstar MotoGP

Hal ini telah diprediksi sebelumnya oleh boss Honda Livio Suppo. Menurutnya penggunaan winglet jenis baru ini akan menjadi trend baru. Yamaha diuntungkan karena menjadi pelopor dalam perangkat tersebut.

Suppo sendiri menyatakan bahwa winglet tidak terlalu berpengaruh pada tingkat aerodinamis kendaraan. Meskipun kedua pembalapnya juga menggunakan benda mungil tersebut pada motornya, Ia meyakini bahwa alat ini tidak bisa menjamin kemenangan pembalap.

Berkaca pada winglet Yamaha, Dorna menganggapnya aman untuk digunakan karena berada di dalam fairing. Lain halnya dengan milik Suzuki Ecstar yang berada di sisi terluar fairing. Meskipun tidak menonjol layaknya bentuk winglet pada tahun lalu, perangkat ini masih mengundang tanda tanya akan legalitasnya. [Dew/Ikh]

 

Comments