Rossi Masih Kesulitan Kembangkan YZR-M1

Rossi
Valentino Rossi

JEREZ – Valentino Rossi masih belum nyaman dengan kondisi Yamaha YZR-M1 2019, Ia kesulitan mengembangkan performa motornya.

Berbeda dengan hasil yang ditorehkan rekan satu timnya, Rossi masih kesulitan untuk bisa tampil kompetitif. Hal ini Ia ungkapkan pada saat melakoni sesi tes pramusim kedua di Jerez, Spanyol. The Doctor menempati urutan ke-12 dengan motor barunya.

Rossi mengakui jika performa motornya sedikit mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Namun dirinya mengungkapkan sulit untuk tampil kompetitif pada musim depan, menggunakan YZR-M1 racikan timnya.

“Saya pikir mesin yang kami coba kali ini cukup mudah untuk mengambil keputusan. Kami bekerja dan terdapat sedikit perbedaan. Kami juga mengembangkan motor khususnya pada kecepatan,” ujar Rossi menjelaskan.

Namun Ia menyadari jika kecepatan saja tidaklah cukup untuk meladeni para kompetitornya. Rossi kembali mendorong Yamaha melakukan pengembangan agar bisa bersaing dalam perebutan gelar di MotoGP 2019.

“Bagi saya kami masih harus bekerja keras jika ingin memenangkan balapan khususnya ketika melawan Ducati, Honda juga Suzuki. Saya harap Yamaha terus melakukan pengembangan dan mengeluarkan sesuatu yang berharga pada Februari,” harapnya kemudian.

Sesi tes pramusim MotoGP 2019 akan dilanjutkan di sirkuit Sepang, Malaysia pada Februari mendatang. Ia menegaskan bahwa Yamaha harus fokus mengembangkan motor, di mana performanya masih kalah jauh.

“Kami masih harus bekerja di area di mana kami menderita. Dari dua hasil tes kami memang tidak terlalu buruk, khususnya pada tes di Jerez kali ini. Tapi kami masih harus melanjutkan pekerjaan untuk memperbaikinya,” tutur Rossi.

Menurutnya Yamaha YZR-M1 masih kesulitan mendapatkan grip yang lebih baik. Ban motor yang Ia gunakan kerap spin dan slide di lintasan balap saat melakukan akselerasi. Hal inilah yang ingin Ia benahi dalam waktu dekat. [Dew/Ari]