Rossi Frustasi, Kembali Bongkar Kelemahan Yamaha Share this
MotoGP
Mode baca

Rossi Frustasi, Kembali Bongkar Kelemahan Yamaha

Denny Basudewa
pada 12 September 2018

Foto: Valentino Rossi

MISANO – Valentino Rossi membandingkan performa motornya yang tidak kunjung membaik dengan Honda dan Ducati.

Pembalap asal Italia tersebut mengatakan bahwa Honda dan Ducati mengembangkan motor di jalan yang benar. Bahkan Ia mengatakan kedua pabrikan tersebut belajar dari Yamaha dalam mengembangkan motor.

Yamaha berhasil mengembangkan motor dengan karakter yang lebih lembut. Hal ini membuat penyaluran tenaga dari mesin ke roda terasa lebih halus dan tidak cepat menghancurkan ban, terutama ketika balapan berlangsung.

Namun belakangan teknologi yang diandalkan Yamaha juga dipakai oleh Honda dan Ducati. Hasilnya kedua pabrikan motor tersebut mampu mengantarkan pembalapnya di barisan terdepan. Bahkan mereka membuat Yamaha tidak berkutik melawannya.

Penyaluran tenaga yang lebih halus sudah diterapkan. Bedanya Honda dan Ducati mampu tampil impresif dengan mengandalkan mesin berkonfigurasi V. Sedangkan Yamaha masih bertahan dengan mesin empat-silinder segaris. Perbedaan tersebut terlihat di lintasan di mana para pengguna Honda dan Ducati terlihat lebih superior daripada Yamaha.

“Sangat mungkin bahwa masalah kami selama ini adalah mesin. Harus kami katakan bahwa Honda dan Ducati selama ini belajar dari Yamaha. Mulai dari tahun lalu mereka sudah menerapkan teknologi yang sama dengan kami. Bedanya mereka menggunakan mesin berkonfigurasi V, sedangkan kami empat-silinder segaris,” ungkap Rossi.

Untuk diketahui Yamaha bukan satu-satunya pabrikan yang menggunakan mesin empat-silinder segaris. Suzuki juga menggunakan konfigurasi mesin yang sama namun mereka bisa mengatasi masalah grip dan elektronik lebih baik.

Sementara KTM dan Aprilia menggunakan konfigurasi mesin V4, seperti yang dilakukan Ducati dan Honda saat ini. [Dew/Ari]


Komentar