Pertamina Tak Lagi Dukung Rio Haryanto

Rio Haryanto
Rio Haryanto bersama tim Manor

JAKARTA – Pembalap Tanah Air Rio Haryanto masih berharap bisa beraksi lagi di F1 2017.

Namun jalan Rio untuk bisa comeback ke kejuaraan Formula 1 musim ini nampaknya semakin berat. Hal ini dikarenakan PT Pertamina Persero yang selama ini menjadi penyandang dana memutuskan untuk mundur dari ajang balap jet darat tersebut.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan terlibat lagi di kejuaraan F1 musim ini. Meskipun menyesali keputusan tersebut, Ia menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan usaha terbaik untuk mengharumkan Tanah Air.

“Tahun ini kami tidak akan melanjutkan partisipasi Pertamina di F1. Tentu saja keputusan ini sangat disesalkan, tapi kami telah melakukan usaha maksimal pada Rio dan Indonesia,” ujar Wianda seperti dilansir Reuters.

Rio sendiri hingga saat ini belum memutuskan kiprahnya musim ini. Setelah tampil setengah musim bersama Manor tahun lalu, Rio kini masih menjadi pengangguran. Belum ada tim yang meminangnya. Hal ini nampaknya tidak menyurutkan semangat pembalap kelahiran Solo tersebut.

Melalui manajernya, Piers Hunnisett, pihaknya masih berusaha untuk mempertahankan Rio berada di F1 musim ini. Menurutnya apa yang sudah dilakukan pembalapnya selama ini, pantas untuk diperjuangkan.

“Kami masih bekerja sesuai target yakni mempertahankan Rio di Formula One. Orang-orang di Formula One mengatakan dia melakukan tugas dengan baik dan dia pantas untuk berada di sana,” ujar Pierst.

Rio sempat dirumorkan akan berlabuh di tim Sauber musim ini. Namun layaknya Manor yang membutuhkan pembalap kaya, tim berbasis di Swiss tersebut akhirnya memilih Pascal Wehrlein sebagai tandem Marcus Ericsson.

Pascal sendiri merupakan pembalap hasil didikan Mercedes yang musim lalu menjadi rekan satu tim Rio di Manor. Nasib pembalap Tanah Air tersebut kini terseok-seok mencari sponsor dan tim untuk dipinang. Semoga saja dalam waktu dekat Ia bisa mendapatkan satu kursi di F1. [Dew/Ikh]

Comments