Penjelasan Race Director Soal Penalti Rossi Share this
MotoGP
Mode baca

Penjelasan Race Director Soal Penalti Rossi

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 24 April 2017

Foto: Penjelasan Race Director Soal Penalti Rossi (Foto: MotoGP.com)

AUSTIN - MotoGP Race Director Mike Webb memberikan pernyataan resminya terkait penalti 0,3 detik untuk pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi saat bersentuhan dengan Johann Zarco di Circuit of The Americas, Senin (24/4/2017) dinihari WIB.

Insiden antara Rossi dan Zarco dinilai tidak ada unsur kesengajaan. Pembalap asal Italia, Rossi tampak tak memiliki niatan untuk menghalangi laju pembalap Monster Yamaha Tech3 dan sebaliknya saat kedua pembalap itu berduel sengit di trek lurus cenderung membentuk S kecil.

Dalam kasus ini Race Director melihat bahwa potensi Rossi lebih besar untuk mendekati pembalap di posisi terdepan dalam hal ini Marc Marquez. Namun dari "kacamata" Mike Webb, Rossi seperti memanfaatkan celah agar lebih dekat dengan Marquez dengan cara keluar dari lintasan.

"Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dengan meninggalkan trek. Jelas ada keuntungan karena Ia (Rossi) mendekati Marquez. Jadi, kami meniadakan keuntungan itu," kata Mike Webb.

"Tapi di sisi lain, (Rossi) meninggalkan jalur tanpa sengaja, berarti dia dipaksa keluar lintasan oleh rider lain. Jika pembalap pergi dengan sengaja untuk mendapatkan keuntungan, hukuman biasanya akan jauh lebih besar," lanjut Mike Webb.

"Dalam kasus ini, jelas bukan kesalahannya karena pergi keluar jalur. Tapi Ia juga berkewajiban untuk tidak mendapatkan keuntungan dari keadaan tersebut," paparnya.

Sebelum menjatuhi penalti kepada The Doctor, Race Director telah berkoordinasi dengan Time Keeping perihal berapa lama Rossi keluar lintasan setelah insiden bersentuhan.

Pada akhirnya, Rossi menempati posisi kedua dengan selisih lebih dari dua detik dari Dani Pedrosa yang finish urutan ketiga. Vale sendiri tidak mempermasalahkan penalti tersebut, Ia hanya geram dengan tindakan Johann Zarco di lintasan. [Ikh]

Sumber: Crash.net


Komentar