Teka-teki Pengganti Rossi di MotoGP Aragon 2017

Van der Mark
Michael Van der Mark gantikan Rossi di MotoGP Aragon 2017

MISANO – Michael van der Mark secara resmi ditunjuk Yamaha untuk menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Aragon 2017.

Setelah Rossi divonis harus menjalani masa pemulihan selama 40 hari, muncul pertanyaan siapa yang akan menggantikan pembalap berjuluk The Doctor tersebut. Muncul beberapa nama seperti Katsuyuki Nakasuga, Alex Lowes dan Michael van der Mark.

Nakasuga pernah menggantikan Jorge Lorenzo pada 2011. Sementara Yamaha menunjuk Lowes untuk menggantikan Smith. Namun pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut lebih memilih van der Mark sebagai pengganti Rossi.

The Doctor sempat menyatakan bisa kembali turun ke lintasan dalam 22 hari. Namun pihak Yamaha merasa tidak yakin sang pembalap bisa pulih dan turun di MotoGP Aragon 2017. Guna mengantisipasi kekosongan, Yamaha yakin menunjuk van der Mark.

“Sejak Valentino mengalami cedera pada 31 Agustus lalu, Yamaha memutuskan untuk tidak menggantikannya di MotoGP San Marino. Namun untuk Aragon kami butuh dua pembalap, sedangkan Valentino tidak mungkin pulih sebelum Aragon. Kami akhirnya memutuskan untuk menunjuk penggantinya,” ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha.

Meskipun telah menunjuk pengganti Rossi, Yamaha tetap memberikan support terhadap pembalap andalannya tersebut. Mereka juga berharap The Doctor cepat pulih sehingga bisa kembali ke lintasan segera mungkin.

“Kami selalu memberikan support penuh terhadapnya dan kami juga berharap dirinya cepat pulih. Kami ingin melihat Rossi kembali menunggangi YZR-M1 secepat mungkin,” lanjut Jarvis.

van der Mark sendiri musim ini tercatat sebagai pembalap World Superbike bersama tim Pata Yamaha. Dirinya belum pernah memiliki pengalaman menunggangi motor MotoGP sama sekali. [Dew/Ikh]