Parade Winglet Jenis Baru di MotoGP

Winglet Jenis Baru
Winglet Suzuki Ecstar

PHILLIP ISLAND – Tim-tim MotoGP melakukan eksperimen dengan menggunakan winglet jenis baru pada MotoGP 2017.

Winglet masih menjadi perbincangan menarik di arena MotoGP musim ini. Seluruh tim melakukan pengembangan untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan. Beberapa pabrikan menerapkan inovasi baru pada fairing motor guna menyematkan winglet jenis baru.

Sayap jenis baru yang digunakan beberapa tim MotoGP dilakukan terkait aturan yang diterbitkan oleh Dorna pada musim ini. Seperti diketahui, penyelenggara balap motor terpopuler sejagad raya ini mengumumkan aturan baru mengenai winglet.

Sayap kecil yang membentang di fairing motor dianggap berbahaya oleh Dorna. Pelopor benda mungil peningkat aerodinamis kendaraan ini, Ducati sempat melakukan protes keras akan aturan baru tersebut.

Tim Movistar Yamaha adalah yang pertama menerapkan winglet jenis baru ini. Berbeda dengan sebelumnya, desain paket aerodinamis milik Garpu Tala dianggap tidak menyalahi aturan karena terletak di dalam fairing.

Winglet Jenis Baru
Winglet Movistar Yamaha

Kemudian tim Suzuki Ecstar muncul di Phillips Island dengan winglet jenis baru layaknya Yamaha. Namun pada tunggangan Andrea Iannone dan Alex Rins perangkat tersebut terlihat lebih agresif. Paket aerodinamis miliknya berada di luar fairing motor.

Winglet Jenis Baru
Winglet Suzuki Ecstar

Tim lain yang juga mengikuti jejak Yamaha adalah Aprilia. Pabrikan asal Italia tersebut menyematkan winglet jenis barunya menyatu dengan fairing bagian atas. Desain sayap kecil mereka terlihat mirip dengan lips pada bumper mobil.

Winglet Jenis Baru
Aprilia MotoGP

Aturan baru terkait winglet tidak bisa membuat tim-tim MotoGP kehilangan asa. Terbukti mereka mampu menyiasati regulasi baru Dorna tersebut di atas. Tingkat aerodinamis sepedamotor menjadi fokus seluruh tim di MotoGP sejak beberapa tahun terakhir. [Dew/Ikh]

Comments