Marquez Bawa Pulang BMW M untuk Keempat Kalinya Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Bawa Pulang BMW M untuk Keempat Kalinya

Denny Basudewa
pada 15 November 2016

Foto: Marc Marquez bersama BMW M2 Coupe

VALENCIA – Juara dunia MotoGP Marc Marquez meraih hadiah BMW untuk keempat kalinya sepanjang karirnya sebagai pembalap.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, BMW mengadakan acara penganugerahan untuk pembalap meraih kualifikasi terbaik dalam satu musim. Kali ini pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut mendapatkan BMW M2 Coupe.

Marquez memang tidak sebombastis musim lalu yang memenangkan sepuluh balapan berturut-turut. Namun dirinya konsisten meraih pole position pada musim ini, hal inilah yang membuatnya bisa membawa pulang BMW M2 Coupe berwarna Long Beach Blue Metallic.

Tahun ini sendiri merupakan kali ke-14 BMW menjadi sponsor acara yang telah berlangsung sejak 2003. Penilaian sendiri menggunakan sistem poin yang sama dengan balapan. Adapun peraih pole position mendapatkan poin 25, kedua 20 poin dan pembalap yang start di posisi 15 berhak atas sebuah poin.

Marquez sendiri telah 175 poin berkat meraih tujuh kali pole position pada musim ini. Merunut kebiasaan sebelumnya, pemenang akan diberikan hadiah sesaat setelah seri terakhir berakhir. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports dan Frank van Meel, CEO of BMW M GmBH.

Sejarah kembali terukir dengan kemenangan Marquez keempat kalinya secara berturut-turut. Pembalap Spanyol ini sendiri baru bergabung di kelas para raja (MotoGP) pada 2013. Artinya sejak pertama kali naik kelas, dirinya selalu memenangkan gelar tersebut.

Meskipun gelar juara dunianya sempat dirampas oleh Jorge Lorenzo musim 2015, Marquez selalu berhasil memenangkan BMW di akhir musim empat kali berturut-turut. Mobil yang dimenangkan oleh Marquez sendiri merupakan safety car MotoGP.

BMW M2 Coupe memiliki tenaga maksimal sebesar 370 hp yang dihasilkan dari mesin enam-silinder segaris, dengan teknologi M TwinPower Turbo. Dapur pacu tersebut berpadu dengan sistem transmisi BMW M dual clutch (M DKG) dan Drivelogic ensures sporty. Untuk berakselerasi 0-100 kpj, BMW M2 Coupe hanya membutuhkan waktu 4,3 detik.

“Saya sangat bangga bisa memenangkan BMW M Award lagi tahun ini. Penghargaan ini sangat populer di antara pembalap MotoGP. Bagi saya ini sukses ini memiliki makna penting dan saya mulai berpikir untuk memperluas garasi rumah saya,” ujar Marquez.

Sementara Ezpeleta mengungkapkan bahwa Marquez sekarang adalah pemegang rekor tunggal. Dirinya juga berharap BMW dan MotoGP terus bekerjasama hingga 15 tahun mendatang. Hal senada yang diungkapkan pihak BMW bahwa Marquez memang berhak mendapatkan hadiah ini karena sangat berbakat. [Dew/Ikh]


Komentar