Lorenzo Beri Kado Termanis Buat Yamaha di MotoGP Valencia 2016 Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Beri Kado Termanis Buat Yamaha di MotoGP Valencia 2016

Denny Basudewa
pada 13 November 2016

Foto: Jorge Lorenzo memenanngkan balapan di Valencia

VALENCIA - Jorge Lorenzo akhirnya memberikan kado termanis sebagai tanda perpisahan dengan Yamaha di seri terakhir MotoGP 2016.

Menjalani tiga puluh lap, pembalap berjuluk Por Fuera tersebut sangat mendominasi balapan di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Sejak lomba dimulai, pemilik nomor start 99 ini langsung mengambil alih pimpinan dengan melakukan start bagus.

Start bagus juga ditunjukkan oleh pembalap Ducati, Andrea Iannone yang langsung menyerobot posisi kedua diikuti Maverick Vinales. Valentino Rossi yang memulai balapan dari tempat ketiga, tergeser satu posisi.

Lorenzo seakan tidak ingin kehilangan momen untuk memberikan persembahan terakhir pada Yamaha. Rekan satu tim Rossi ini langsung memperlebar jarak dengan Iannone. Terlihat hanya butuh waktu kurang lebih lima putaran, Lorenzo sudah memimpin hampir empat detik dari pembalap di belakangnya.

Persaingan sengit justru diperlihatkan para pembalap untuk memperebutkan posisi kedua. Vinales perlahan-lahan digempur oleh Valentino Rossi dan Marc Marquez. Tidak lama setelah The Doctor menyingkirkan Vinales, The Baby Alien -julukan Marquez- juga menyalip pembalap Suzuki tersebut.

Rossi dan Marquez terlihat semakin panas untuk memburu pembalap di depannya. Sasaran selanjutnya adalah Iannone. Namun kali ini pembalap Ducati tersebut tidak mudah dilampaui karena Ia memberikan perlawanan sengit.

Beberapa kali upaya Rossi, Iannone melakukan perlawanan balik. Tenaga besar khas Ducati Desmosedici mampu memberikan kepercayaan diri bagi pemilik nomor 29 tersebut. Bahkan Rossi sempat melebar karena upaya menyalip. Hal itu dimanfaatkan oleh Marquez untuk menyalip keduanya.

Juara dunia tersebut langsung tancap gas untuk mengejar Lorenzo di sisa balapan. Terlihat catatan waktu pembalap Repsol Honda sedikit lebih baik sang pemimpin lomba. Namun, sisa lima putaran tidak mampu membuatnya mengalahkan X Fuera.

Kemenangan ini merupakan hadiah terbaik dari lorenzo yang musim depan akan berpisah dengan Yamaha. Seperti diketahui, pembalap asal Spanyol tersebut akan berlabuh ke Ducati mulai musim depan. Hadiah ini sudah menjadi tekad Lorenzo sebelum menjalani balapan di Valencia malam ini melalui surat terbuka. [Dew/Ikh]


Komentar