Desain Motor Baru Rossi Dianggap Legal

Winglet Motor Rossi
Yamaha YZR-M1

SEPANG – Fairing model baru yang digunakan pada YZR-M1 milik Valentino Rossi dianggap legal oleh Direktur Teknik MotoGP karena tidak terlalu “menonjol”.

Pada sesi tes resmi pertama di Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu, pembalap Movistar Yamaha membuat heboh dengan desain baru motornya.

Disebut model baru, karena peranti ini berbentuk tidak seperti sayap seperti yang telah dilarang penggunaannya di musim 2017. Karena desainnya tidak seperti winglet, motor Rossi pun dianggap tidak menyalahi aturan baru MotoGP.

“Yang digunakan Yamaha menurut saya tidak melanggar aturan. Karena larangannya menyebutkan tidak boleh menambahkan sesuatu di luar fairing. Winglet Yamaha cukup aman karena tidak ada benda lain yang keluar dari fairing,” ujar Danny Aldridge, Techincal Director MotoGP.

Menurutnya yang dilakukan Yamaha sudah diprediksi sebelumnya. Pihaknya sepakat dengan MSMA ketika merilis aturan baru mengenai winglet. Mereka hanya melarang tim-tim menggunakan sayap di luar fairing. Sedangkan yang dilakukan Yamaha tidak menyalahi aturan.

Legalnya winglet Yamaha YZR-M1 tersebut membuka peluang bagi tim lain. Terlebih Ducati yang pada musim lalu melakukan protes keras atas aturan baru ini. Benda kecil yang menempel pada fairing Ducati Desmosedici, mampu membuat tunggangan stabil ketika masuk dan keluar tikungan. [Dew/Ikh]

Comments