MotoGP 2016 Dimenangi 8 Pembalap Berbeda, Ini Daftarnya Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP 2016 Dimenangi 8 Pembalap Berbeda, Ini Daftarnya

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 11 September 2016

Foto: MotoGP 2016 diwarnai pembalap pemenang berbeda

MISANO - MotoGP 2016 mencatat rekor baru, setidaknya 8 pembalap berbeda menang dalam satu musim. Terbaru adalah pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa di sirkuit Misano, Italia, Minggu (11/9) malam WIB.

Pembalap berjuluk The Little Spaniard ini tampil impresif di depan ribuan pendukung Rossi yang hanya finish di urutan kedua. Bisa dikatakan Pedrosa menyajikan aksi yang tak kalah seru dari 7 pembalap pemenang di seri-seri sebelumnya.

Bintang pertama ialah pembalap Suzuki, Maverick Vinales. Pembalap yang akan hijrah ke Yamaha musim depan itu menjadi pembalap menyentuh garis finish lebih dulu di MotoGP Inggris 2016.

Vinales bahkan tak menyangka bisa menang di sana. Padahal Ia memprediksi baru bisa merasakan kemenangan saat memperkuat tim Movistar Yamaha nanti.

Kemenangan perdana lainnya dirasakan Cal Crutchlow di sirkuit Brno. Dan satu minggu sebelumnya pembalap Ducati, Andrea Iannone mencatat kemenangan pertamanya di kelas utama di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Catatan ini sekaligus menuntaskan puasa kemenangan Ducati yang telah berlangsung sejak 2010.

Sebelum kedua pembalap itu, Marc Marquez merasakan kemenangan MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring. Jack Miller juga akhirnya menginjak podium perdana di sirkuit Assen, Belanda. Cuaca jadi faktor keberuntungan bagi rider asal Australia ini. Marquez pun hanya bisa mengutit di belakangnya.

Kemenangan lain dicatat Valentino Rossi di MotoGP Catalunya dan Jorge Lorenzo di MotoGP Italia, sirkuit Mugello. Sejumlah pengamat MotoGP mengatakan bahwa MotoGP 2016 menjadi salah satu musim paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Sebab gelaran MotoGP dalam beberapa tahun terakhir rata-rata nama pembalap yang berhasil memenangai balapan musim hanya empat orang.

Sirkus MotoGP sempat dimenangi pembalap-pembalap berbeda dalam satu musim. Tepatnya sepuluh tahun lalu (2006). Pada MotoGP 2006 ada tujuh pembalap berhasil sentuh garis finish lebih dulu yaitu Loris Capirossi, Valentino Rossi, Marco Melandri, Dani Pedrosa, Nicky Hayden, Toni Elias dan Troy Bayliss.

Bagaimana seri ke-14 MotoGP 2016 yang akan dihelat pada 25 September. Akankah mencetak nama pembalap baru yang memenangi musim MotoGP 2016? Kita lihat saja. [Ikh]


Komentar