Morbidelli dan Syahrin Berebut Titel Rookie Terbaik 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

Morbidelli dan Syahrin Berebut Titel Rookie Terbaik 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 14 November 2018

VALENCIA - Franco Morbidelli dan Hafizh Syahrin akan menghadapi laga puncak guna memperebutkan gelar penting di MotoGP Valencia 2018, akhir pekan ini.

Satu gelar di MotoGP yang tak kalah menarik untuk ditilik adalah Rookie of The Year MotoGP 2018. Apalagi, musim ini cukup banyak pembalap baru yang naik kelas.

Sebut saja dua pembalap Marc VDS yaitu Franco Morbidelli dan Thomas Luthi. Sementara dari kubu LCR Honda ada Takaaki Nakagami, Hafizh Syahrin dari Yamaha Tech3 dan utusan Reale Avintia Racing yakni Xavier Simeon.

Tentu saja perjalanan di musim pertama ini tidak mudah. Tapi, beberapa pembalap cukup impresif bersaing dengan pembalap reguler yang sudah lebih dulu berkompetisi. Meski belum ada satu pun yang naik podium, tapi torehan poin yang dikumpulkan mampu membawa mereka mengungguli pembalap dengan status tim pabrikan.

Di klasemen sementara MotoGP 2018 Morbidelli (50 poin) berada di atas Aleix Espargaro (44 poin). Selanjutnya ada Syahrin (40 poin) unggul dari Tito Rabat (35 poin), Pol Espargaro (35 poin) dan Bradley Smith (30 poin). Sementara Nakagami (23 poin) menempati satu peringkat lebih baik ketimbang Scott Redding (15 poin).

Namun, peluang Nakagami untuk mengejar selisihnya dengan Syahrin dan Morbidelli cukup jauh. Sementara musim balap tahun ini hanya menyisakan satu putaran saja di Sirkuit Ricardo Tormo. Artinya, gelar Rookie terbaik MotoGP 2018 hanya akan diperebutkan oleh Morbidelli dan Syahrin saja.

Jika dilihat torehan poin, Morbidelli punya peluang lebih baik. Tapi, Syahrin hanya berjarak 10 poin saja dari anak didik Valentino Rossi tersebut. Syahrin jelas datang dengan mental terbaik setelah menuai hasil mengejutkan di MotoGP Sepang, Malaysia lalu. Ketika balapan pertama kalinya sebagai pembalap MotoGP di kandang, Syahrin berhasil finish 10 setelah start dari grid ke-23. [Ary/Ari]


Komentar