Marquez: Yamaha Kembali Kompetitif

Marquez Sebut Yamaha Kompetitif

SEPANG – Marc Marquez melihat perkembangan yang ditunjukkan tim Yamaha sudah terjadi sejak MotoGP Thailand 2018.

Hasil MotoGP Sepang, Malaysia akhir pekan lalu memang cukup mengecewakan bagi Yamaha. Terlepas dari kegagalan Rossi, penampilan Yamaha di putaran akhir MotoGP 2018 tampak berbeda. Hal itu juga sempat diungkap oleh dua pembalap Ducati.

Pun begitu dengan Marquez yang sempat mengekori Rossi di MotoGP Sepang. Dari situ, pembalap Repsol Honda ini bisa melihat seperti apa pergerakan Rossi bersama Yamaha YZR-M1. Menurutnya, kuda besi garpu tala bahkan lebih unggul dari kepunyaan Marquez.

“Saya kesulitan dengan grip dan ketika saya ada di belakang Zarco serta Rossi. Saya sadar mereka punya akselerasi luar biasa,” kata Marquez.

Dalam pengamatannya, motor Yamaha terutama Rossi kuat saat masuk atau pun keluar tikungan. Namun, sang juara dunia MotoGP 2018 belum bisa menilai perbedaan apa yang sudah dilakukan Yamaha.

“Mereka bisa mengontrol saat pengereman keras (sebelum masuk tikungan) dan punya akselerasi bagus ketika keluar. Saya tidak tahu apakah ini pengembangan pada elektronik atau akselerasi. Tapi, ini membuat mereka berbeda,” terang Marquez.

Bukan hanya berkaca dari seri Sepang, Marquez melihat pengembangan yang ditunjukkan Yamaha sudah tampak sejak MotoGP Thailand. Saat itu, salah satu pembalap mereka, Maverick Vinales bisa naik podium. Sempat absen di MotoGP Motegi, Vinales kembali trengginas dengan menjuarai MotoGP Phillip Island.

Harapan bagi Yamaha sempat terbuka ketika Rossi memimpin balapan MotoGP Sepang. Sayang, kurang 4 lap lagi The Doctor terjatuh. Meski tren positif Yamaha ini sedikit tertahan karena kegagalannya, Marquez tetap mewaspadai pergerakan Yamaha.

“Kami harus menyelesaikan musim ini dengan baik, kemudian bekerja keras untuk tahun depan karena setelah Thailand, Yamaha benar-benar kembali kompetitif,” pungkas Marquez. [Ary/Ari]